MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES DI KELAS IV SD NEGERI 115 GUNUNGTUA JAE TAHUN AJARAN 2015/2016

Melinda, Sri (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES DI KELAS IV SD NEGERI 115 GUNUNGTUA JAE TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1123311076 COVER.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1123311076 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (740kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1123311076 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1123311076 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1123311076 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1123311076 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1123311076 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1123311076 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1123311076 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10 NIM. 1123311076 BAB I.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1123311076 BAB V.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM 1123311076 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran IPA. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi pokok Perubahan Lingkungan dan Pengaruhnya di kelas IV SD Negeri 115 Gunungtua Jae Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas IV SD Negeri 115 Gunungtua Jae Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal pada materi perubahan lingkungan dan pengaruhnya yang diberikan sebanyak 3 kali yaitu pretest, Post test Siklus I, Post test Siklus II dan lembar observasi digunakan untuk menilai aktivitas guru dan siswa. Dari hasil penelitian, pada saat pretest diperoleh terhadap 25 siswa secara klasikal terdapat 4 siswa yang tuntas hasil belajar dengan persentase 16% dan yang tidak tuntas terdapat 21 siswa dengan persentase 84%, dengan nilai rata-rata siswa 47. Pada siklus I dengan menerapkan model Examples Non Examples terlihat adanya peningkatan nilai rata-rata siswa 68, diperoleh tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu 15 siswa yang tuntas dengan persentase 60% atau sebanyak 10 siswa yang tidak tuntas dengan persentase 40%. Pada siklus II, terlihat peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa yang ditandai dengan meningkatnya nilai rata-rata klasikal siswa menajadi 84 dengan tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu 23 siswa yang tuntas dengan persentase 92% atau sebanyak 2 siswa yang tidak tuntas dengan persentase 8%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorRitonga, Mastiana195409291989031001
Call Number: SK-2016 PGSD 191
Keywords: Hasil Belajar; Model Pembelajaran; IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 16 Nov 2016 05:07
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21510

Actions (login required)

View Item View Item