PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 01 CABANG MEDAN T.A. 2015/2016

Batubara, Choirun Nisa (2016) PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 01 CABANG MEDAN T.A. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01 NIM 1123113004 CHOIRUN NISYA BATUBARA - COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02 NIM 1123113004 CHOIRUN NISYA BATUBARA - APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (749kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03 NIM 1123113004 CHOIRUN NISYA BATUBARA - ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04 NIM 1123113004 CHOIRUN NISYA BATUBARA - PREFACE.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05 NIM 1123113004 CHOIRUN NISYA BATUBARA - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06 NIM 1123113004 CHOIRUN NISYA BATUBARA - TABLES.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07 NIM 1123113004 CHOIRUN NISYA BATUBARA - ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08 NIM 1123113004 CHOIRUN NISYA BATUBARA - APPENDICES.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09 NIM 1123113004 CHOIRUN NISYA BATUBARA - CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM 1123113004 CHOIRUN NISYA BATUBARA - CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM 1123113004 CHOIRUN NISYA BATUBARA - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen terhadap motivasi belajar anak kelompok usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 01 Cabang Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Variabel bebas adalah metode eksperimen sedangkan variabel terikat adalah motivasi belajar. Instrumen pengumpulan data adalah pedoman observasi. Data dianalisis dengan metode deskriptif dan uji hipotesis dengan uji t yang dilanjutkan dengan uji signifikasi pada taraf nyata α = 0,05. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata nilai pada kelas eksperimen 12,95 dengan nilai tertinggi 15 dan nilai terendah 11. Nilai rata-rata pada kelas kontrol 10 dengan nilai tertinggi 12 dan nilai terendah 8. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara metode eksperimen terhadap motivasi belajar anak dan dari hasil uji-t diperoleh thitung > ttabel yaitu 10,17 >1,707 pada taraf α = 0.05. Dengan hasil uji-t tersebut dapat dinyatakan bahwa penggunaan metode eksperimen memiliki pengaruh yang lebih baik terhadap motivasi belajar anak dibandingkan metode tanya jawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorYus, Anita195907211986012001
Call Number: SK-2016 PAUD 029
Keywords: Metode belajar; Metode Eksprimen;Metode Tanggung Jawab
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 15 Nov 2016 06:25
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21473

Actions (login required)

View Item View Item