PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK RATIONAL EMOTIVE THERAPY TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS X MA AL-WASHLIYAH 12 PERBAUNGAN TAHUN AJARAN 2015 / 2016

Harahap, Nurhasanah (2016) PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK RATIONAL EMOTIVE THERAPY TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS X MA AL-WASHLIYAH 12 PERBAUNGAN TAHUN AJARAN 2015 / 2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 1123151031 COVER.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 1123151031 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (875kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 1123151031 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 1123151031 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 1123151031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 1123151031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 1123151031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.1123151031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 1123151031 BAB I.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. 1123151031 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. 1123151031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah Ada Pengaruh Pemberian Layanan Konseling Kelompok Rational Emotive Therapy (RET) terhadap Interaksi Sosial Siswa MA Al-Washliyah 12 Perbaungan Tahun Ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok rational emotive therapy terhadap interaksi sosial siswa kelas X di MA Al-Washliyah 12 Perbaungan Tahun Ajaran 2015/2016. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Aliyah B yang terdiri dari 8 orang siswa. Instrument yang digunakan adalah angket untuk mengetahui tentang interaksi sosial siswa yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Instrument diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan konseling kelompok behavioral. Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon. Perubahan interaksi sosial yang terjadi pada siswa sebelum diberikan layanan konseling kelompok behavioral dengan rata-rata skor pre-test sebesar 43,75 dan skor rata-rata post-test adalah sebesar 75,875. Dari hasil tersebut diketahui terjadi peningkatan interaksi sosial siswa sebesar 32,125. Artinya peningkatan interaksi sosial siswa antara sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok rational emotive therapy adalah sebesar73%. Hasil peneltian menunjukkan bahwa pelaksanaan konseling kelompok RET berpengaruh terhadap interaksi sosial siswa kelas X-B MA Al-Washliyah 12 perbaungan Tahun Ajaran 2015/2016. Hal ini tergambar dengan hasil Uji Wilcoxon yang dilakukan dengan hasil diperoleh Jhitung = 0, Dengan α = 0,05 dan n=8, maka berdasarkan daftar, Jtabel = 4. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung lebih kecil daripada Jtabel, maka Hipotesis Ho ditolak hal ini diperkuat dengan persamaan rumus Z. Karena nilai z hitung adalah -2,521 dan itu lebih kecil dari nilai z tabel yaitu -1,96. Maka hipotesis ditolak artinya ada perbedaan antara sebelum dan sesudah diberi perlakuan sehingga interaksi sosial siswa mulai berubah sesudah mengikuti konseling kelompok RET pada kelas X-B MA Al-Wasliyah 12 Perbaungan Tahun Ajaran 2015/2016, dapat diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSembiring, Pastiria195508081979032001
Call Number: SK-2016 BK 084
Keywords: Konseling Kelompok; Rational EmotiveTherapy; Interaksi Sosial
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Nov 2016 03:27
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21393

Actions (login required)

View Item View Item