PENGARUH TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP PENYESUAIAN DIRI DENGAN TEMAN SEBAYA DI SEKOLAH PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 PEGAJAHAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Fadillah, Nur (2016) PENGARUH TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP PENYESUAIAN DIRI DENGAN TEMAN SEBAYA DI SEKOLAH PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 PEGAJAHAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1123351017 COVER.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1123351017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (767kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1123351017 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1123351017 PREFACE.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1123351017 TABLES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1123351017 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1123351017 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 1123351017 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1123351017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh teknik role playing terhadap penyesuaian diri dengan teman sebaya pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Pegajahan Tahun Ajaran 2015∕2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik role playing terhadap penyesuaian diri dengan teman sebaya pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Pegajahan Tahun Ajaran 2015∕2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Eksperimen Semu dengan desain pre test dan post test. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 yang berjumlah 30 orang siswa kemudian dijadikan sampel sebanyak 10 orang siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket untuk mengetahui penyesuaian diri terhadap teman sebaya. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan teknik Role Playing. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik role playing berpengaruh terhadap penyesuaian diri siswa dengan teman sebaya kelas VII-2 SMP Negeri 2 Pegajahan Tahun Ajaran 2015/2016. Hal ini diketahui dari hasil Uji Wilcoxon yang dilakukan dengan hasil Jhitung = 0, Dengan α = 0,05 dan n=10, maka berdasarkan daftar, Jtabel = 8. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung < Jtabel. Selain itu diperoleh rata-rata pre test sebesar 46.1 dan rata-rata post test sebesar 58.3 sehingga diperoleh jumlah selisih sebesar 11.4 yang menunjukkan perubahan sebesar (26.4%). Maka H1 diterima dan Ho ditolak berarti ada pengaruh penggunaan teknik role playing terhadap penyesuaian diri siswa dengan teman sebaya pada siswa kelas VII-2 di SMP NEGERI 2 PEGAJAHAN Tahun Ajaran 2015/2016

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorNuraini, 195906201986092001
Call Number: SK-2016 BK 052
Keywords: Penyesuaian Diri; Persembahan; Role Playing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB51 Systems of individual educators and writers
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 10 Nov 2016 03:46
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21375

Actions (login required)

View Item View Item