PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK METODE LATIHAN TRIAD TERHADAP PENINGKATAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS X-4 ADP SMK SWASTA HARAPAN STABAT TAHUN AJARAN 2015/2016.

Rambe, Septia Kharani (2016) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK METODE LATIHAN TRIAD TERHADAP PENINGKATAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS X-4 ADP SMK SWASTA HARAPAN STABAT TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM.11213151036.COVER.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM.11213151036 LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM.11213151036 DAFTAR RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM.11213151036 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM.11213151036 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM.11213151036 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM.11213151036 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM.11213151036 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM.11213151036 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM.11213151036 BAB I.pdf - Published Version

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM.11213151036 BAB V.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM.11213151036 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan metode latihan triad terhadap peningkatan interaksi sosial siswa kelas X-4 ADP SMK Swasta Harapan Stabat Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan One Group Pre-test Post-test Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-4 ADP SMK Swasta Harapan Stabat yang berjumlah 9 orang siswa, yang ditentukan dari hasil pre-test. Instrumen yang digunakan adalah angket interaksi sosial untuk menjaring data tentang interaksi sosial siswa yang sebelumnya diujicobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pemberian layanan bimbingan kelompok metode latihan triad. Teknik analisis data menggunakan uji tanda wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok metode latihan triad terhadap interaksi sosial siswa diperoleh nilai ratarata pre-test = 73 dan Standar Deviasi (SD) = 10,8 sedangkan nilai rata-rata posttest = 85 dan Standar Deviasi (SD) = 5,5 dengan demikian pemberian layanan bimbingan kelompok metode latihan triad dapat meningkatkan interaksi sosial siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji wilcoxon yang menunjukkan bahwa pada uji jumlah jenjang wilcoxon diperoleh hasil perhitungan jumlah jenjang bertanda positif = 45 dan jumlah jenjang bertanda negatif = 0. Jadi, nilai J= 0 yaitu jumlah jenjang yang lebih kecil. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda wilcoxon untuk n = 9, α = 0,05 pengujian dua arah J0,05 = 6. Oleh karena J0,05(6)>J(0) maka H0 ditolak. Ini berarti bahwa interaksi sosial siswa antara sebelum dan sesudah pemberian layanan bimbingan kelompok metode latihan triad tidaklah sama, dalam hal ini siswa yang telah mendapatkan pemberian layanan bimbingan kelompok metode latihan triad mempunyai interaksi sosial yang lebih tinggi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMurad, Abdul195902181987031002
Call Number: SK-2016 BK 039
Keywords: Interaksi Sosial Siswa; Bimbingan Kelompok;Metode Latihan Triad
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Nov 2016 07:59
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21357

Actions (login required)

View Item View Item