PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK LATIHAN ASERTIF TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS VII MTS. MIFTAHUSSALAM MEDAN T.A 2015/2016

Lisa, Mei (2016) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK LATIHAN ASERTIF TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS VII MTS. MIFTAHUSSALAM MEDAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1123351015 Cover.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1123351015 Pengesahan.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1123351015 Daftar Riwayat Hidup.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1123351015 Abstrak.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1123351015 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1123351015 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1123351015 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1123351015 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1123351015 BAB I.pdf - Published Version

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1123351015 BAB V.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1123351015 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Adakah pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik latihan asertif terhadap penyesuain diri siswa kelas VII MTs. Miftahussalam Medan tahun ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik latihan asertif terhadap penyesuaian diri siswa kelas VII MTs. Miftahussalam Medan tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan One Group pre-test post-test Design. Subjek penelitian ini adalah 10 siswa kelas VII MTs. Miftahussalam Medan yang ditentukan dari hasil screening (penyaringan). instrument yang digunakan adalah angket penyesuaian diri untuk menjaring data tentang penyesuaian diri siswa yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reabilitas angket. Instrument diberikan sebelum dan sesudah pemeberian layanan bimbingan kompok dengan teknik latihan asertif. Teknik analisis data menggunakan uji tanda wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik latihan asertif terhadap penyesuaian diri siswa diperoleh nilai rata-rata pre-test = 53 dan Standart Deviasi (SD) = 9,498 sedangkan nilai rata-rata post-test = 78,5 dan Standar Deviasi (SD) = 10,07 dengan demikian pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik latihan asertif dapat meningkatkan penyesuaian diri siswa. Hai ini dapat dilihat dari hasil uji wilcoxon yang menunjukkan bahwa pada uji jumlah jenjang wilcoxon diperoleh hasil perhitungan jumlah jenjang bertanda positif = 55 dan jumlah jenjang bertanda negative = 0. Jadi, nilai J= 0 yaitu jumlah jenjang yang lebih kecil. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda wilcoxon untuk n= 10, α = 0,05 penguji dua arah J0,05 = 6,5. Oleh karena J0,05 (6,5) > J (0) maka H0 ditolak. Ini berarti bahwa penyesuaian diri siswa antara sebelum dan sesudah pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik latihan asertif tidaklah sama, dalam hal ini siswa yang telah mendapatkan pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik latihan asertif mempunyai penyesuaian diri yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMunir, Abdul195903241986011001
Call Number: SK-2016 BK 038
Keywords: Penyesuaian Diri Siswa; Bimbingan Kelompok;Teknik Latihan Asertif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Nov 2016 07:36
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21352

Actions (login required)

View Item View Item