Siregar, Muhammad Arif (2016) PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR STRATEGI SQ3R TERHADAP KEMAMPUAN MENGINGAT PADA SISWA KELAS X IPA 4 SMA NEGERI 1 TANJUNG PURA TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1123351016 COVER.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
2. NIM 1123351016 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 1123351016 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4. NIM 1123351016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
5. NIM 1123351016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
6. NIM 1123351016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. NIM 1123351016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM 1123351016 BAB I.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
12. NIM 1123351016 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
13. NIM 1123351016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh bimbingan belajar
strategi SQ3R terhadap kemampuan mengingat pada siswa kelas X IPA 4 SMA Negeri 1
Tanjung Pura Tahun Ajaran 2015/2016?. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui
pengaruh bimbingan belajar strategi SQ3R terhadap kemampuan mengingat pada siswa.
Subjek penelitian ini adalah siswa/I kelas X IPA 4 SMA Negeri 1 Tanjung Pura yang
terdiri dari 5 orang siswa yang mempunyai kemampuan mengingat yang rendah. Instrument yang
digunakan adalah angket untuk mengetahui tingkat kemampuan mengingat siswa yang
sebelumnya diujicobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Instrument
diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan bimbingan belajar strategi SQ3R. teknik analisis
data menggunakan uji wilcoxon. Jenis penelitian menggunakan quasi eksperimen.
Hasil menunjukkan bahwa pelaksaan bimbingan belajar strategi SQ3R berpengaruh
terhadap kemampuan mengingat kelas X IPA 4 SMA Negeri 1 Tanjung Pura Tahun Ajaran
2015/2016. Hal ini tergambar dengan uji wilcoxon yang dilakukan dengan hasil diperoleh Zhitung
= -2,0226 dengan Ztabel = -1,96, dari data tersebut terlihat Zhitung lebih kecil Ztabel, maka Hipotesis
Ho artinya ada perbedaan di antara sebelum dan sesudah diberi perlakuan sehingga, kemampuan
mengingat siswa meningkat sesudah mengikuti bimbingan belajar strategi SQ3R pada siswa
SMA Negeri 1 Tanjung Pura Tahun Ajaran 2015/2016, dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BK 028 |
Keywords: | kemampuan Mengingat; Pengertian Bimbingan; Bimbingan Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC47 Private school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Nov 2016 07:26 |
Last Modified: | 09 Nov 2016 07:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21350 |