PENGARUH KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN BEHAVIORAL TEKNIK SHAPING TERHADAP KEBIASAAN TERLAMBAT HADIR KE SEKOLAH SISWA SMA NEGERI 2 LUBUK PAKAM T.A 2015 – 2016

Sinaga, Indra (2016) PENGARUH KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN BEHAVIORAL TEKNIK SHAPING TERHADAP KEBIASAAN TERLAMBAT HADIR KE SEKOLAH SISWA SMA NEGERI 2 LUBUK PAKAM T.A 2015 – 2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1_1123151021_COVER.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_1123151021_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (949kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_1123151021_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_1123151021_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_1123151021_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6_1123151021_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7_1123151021_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8_1123151021_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9_1123151021_BAB I.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13_1123151021_BAB V.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14_1123151021_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah ada pengaruh konseling kelompok pendekatan behavioral teknik shaping terhadap kebiasaan terlambat hadir ke sekolah siswa SMA Negeri 2 Lubuk Pakam tahun ajaran 2015 / 2016. Tujuannya adalah mengetahui pengaruh konseling kelompok pendekatan behavioral teknik shaping terhadap kebiasaan terlambat hadir ke sekolah siswa SMA Negeri 2 Lubuk Pakam. Hipotesis adalah ada pengaruh yang signifikan konseling kelompok pendekatan behavioral dengan teknik shaping terhadap kebiasaan terlambat hadir ke sekolah siswa SMA Negeri 2 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2015/2016. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan pre test – post test group design, subjek penelitian adalah siswa yang memiliki kebiasaan terlambat hadir ke sekolah yang berjumlah 10 siswa dalam kelompok perlakuan dan 10 siswa dalam kelompok kontrol. Alat pengumpul data dilakukan dengan pemberian kuesioner (angket). Analisa data adalah uji wilcoxon untuk melihat perubahan yang terjadi sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Hasil penelitian memperoleh rata – rata pre test kelompok perlakuan sebesar 63,1 dan rata – rata post test 43,2. Dari hasil uji hipotesis diperoleh Zhitung < Ztabel pada taraf signifikansi 5% atau α = 0,05 yakni -2,803<-1,96, maka nilai rata – rata postest kelompok perlakuan signifikan. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, menunjukan ada perubahan perilaku siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan konseling kelompok pendekatan behavioral teknik shaping, maka dapat disimpulkan melalui konseling kelompok pendekatan behavioral teknik shaping dapat mengurangi perilaku kebiasaan terlambat hadir siswa ke sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMunir, Abdul195903241986011001
Call Number: SK-2016 BK 035
Keywords: Terlambat Hadir Ke Sekolah; Konseling Kelompok; Pendekatan Behavioral; Teknik Shaping.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Nov 2016 07:12
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21347

Actions (login required)

View Item View Item