PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN GITAR POP SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 12 MEDAN

Armanda, Desma (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN GITAR POP SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 12 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN .pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 ABSTRAK .pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 KATA PENGANTAR .pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 BAB 1.pdf - Published Version

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 BAB V.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Blended Learning terhadap kemamppuan gitar pop siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Medan. Penelitian ini berdasarkan pada landasan teoritis yang menjelaskan model pembelajaran Blended Learning, kemampuan, dan gitar pop beserta hipotesis. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Jenis penelitian ini adalah Pre-perimental Design dengan desain One group Pretest and posttest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Medan yang terdiri dari 9 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling dengan mengambil 1 kelas yaitu kelas VIII7 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 34 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes kemampuan awal yang berbentuk SPSS berjumlah 30 butir soal dan 20 soal dinyatakan valid. Untuk kelas eksperimen diberikan soal pretest sebelum diberikan perlakuan yaitu belajar gitar pop menggunakan model pembelajaran blended learning. Dengan nilai rata-rata 73,9 dengan deskripsi hasil dalam kategori baik sebanyak 8 orang atau 23.52% , kategori cukup sebanyak 21 orang atau 61.76 %, kategori kurang 5 orang atau 14.7%, dan sangat kurang tidak ada atau 0% Identifikasi data di atas cenderung dalam kategori cukup. Kemudian setelah diberikannya posttest pada kelas eksperimen, setelah diberikan perlakuan yaitu belajar gitar pop menggunakan model pembelajaran blended learning. Dengan nilai rata-rata 69,1 dengan deskripsi hasil dalam kategori baik sebanyak 13 orang atau 38.23 % , kategori cukup sebanyak 17 orang atau 50 %, kategori kurang 4 orang atau 11.76% dan sangat kurang tidak ada atau 0% Identifikasi data di atas cenderung dalam kategori Baik. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh nilai rata-rata pretest dan posttest dengan menggunakan blended learning dari hasil hitungan menggunakan Ttabel pada taraf signifikasi 5 % dengan df = n-1 = 34-1 = 33. Dari df = 33, maka diperoleh taraf signifikasi sebesar 0,28. Maka diperoleh taraf signifikasi sebesar 0,28. Dengan demikian dapat diketahui bahwa thitung > ttabel yaitu 1,78 >0,28 . Hal ini berarti hipotesis alternatif diterima. Sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap kemampuan gitar pop siswa kelas viii di SMP Negeri 12 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorRitonga, Danny Ivanno197802222005021004
Call Number: SK-2016 MSK 062
Keywords: ModelPembelajaran; Gitar POP; Blended Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 05 Nov 2016 03:16
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21171

Actions (login required)

View Item View Item