ANALISIS GAYA BAHASA PADA IKLAN SHAMPO DI MEDIA TELEVISI

Ritonga, Adha (2016) ANALISIS GAYA BAHASA PADA IKLAN SHAMPO DI MEDIA TELEVISI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 2113210001 COVER.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 2113210001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (677kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 2113210001 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 2113210001 PREFACE.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 2113210001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 2113210001 TABLES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 2113210001 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. NIM. 2113210001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 2113210001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan gaya bahasa dan gaya bahasa yang paling dominan pada iklan shampo di media televisi. Penulis memilih iklan shampo karena shampo merupakan salah satu produk pembersih yang digunakan sehari-hari untuk membersihkan rambut. Sehingga produk shampo sering digunakan. Penulis memilih media televisi kerena iklan di media televisi lebih menarik dari segi audio dan visual serta banyak di tonton oleh masyarakat. Kalangan penontonnya pun sangat bervariasi, mulai dari tua sampai yang muda dari yang tinggal di desa hingga di kota. Manfaat dari penelitian ini memberikan sumbangan terhadap kajian gaya bahasa khususnya mengenai analisis gaya bahasa pada iklan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode rekam, simak, catat. Penulis mengumpulkan iklan shampo di media televisi kemudian dianalisis gaya bahasanya. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa terdapat 4 jenis majas yang digunakan dalam iklan shampo tersebut, yaitu: Personifikasi 5 (14%), Anafora 10 (28 %), Aliterasi 20 (57%), Hiperbola 30 (46%) Dapat disimpulkan bahwa iklan shampo di televisi pada umumnya banyak menggunakan gaya bahasa Hiperbola, yang merupakan gaya bahasa yang mengandung pernyataan berlebih-lebihan dari kenyataan. Serta tanggapan masyarakat tentang iklan shampo yang sangat membujuk dan menarik masyarakat untuk membeli produk tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorDalimunthe, S.Fahmy197802112006041002
Call Number: SK-2016 IND 159
Keywords: Gaya bahasa;Iklan shampo;Media Televisi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5801 Advertising
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Nov 2016 01:29
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21075

Actions (login required)

View Item View Item