PEMANFAATAN SITUS SEJARAH LOYANG MENDALE SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS VII MTSN PEGASING KABUPATEN ACEH TENGAH

Ayudia, Inge (2016) PEMANFAATAN SITUS SEJARAH LOYANG MENDALE SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS VII MTSN PEGASING KABUPATEN ACEH TENGAH. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. INGE AYUDIA NIM 8146181007 COVER.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. INGE AYUDIA NIM 8146181007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. INGE AYUDIA NIM 8146181007 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. INGE AYUDIA NIM 8146181007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. INGE AYUDIA NIM 8146181007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. INGE AYUDIA NIM 8146181007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. INGE AYUDIA NIM 8146181007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. INGE AYUDIA NIM 8146181007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. INGE AYUDIA NIM 8146181007 BAB I.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. INGE AYUDIA NIM 8146181007 BAB V.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. INGE AYUDIA NIM 8146181007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan metode pembelajaranyang digunakan oleh guru dalam memanfaatkan situs sejarah Loyang Mendale sebagai sumber belajar pada pembelajaran IPS bagi peserta didik kelas VII di MTsN Pegasing; (2) mengetahui apresiasi peserta didik terhadap situs sejarah Loyang Mendale sebagai sumber belajar IPS; (3) menganalisis kendala yang dihadapi guru dalam memanfaatkan situs sejarah Loyang Mendale pada pembelajaran IPS. Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran IPS dan peserta didik yang terlibat dalam proses pembelajaran dengan memanfaatkan situs sejarah Loyang Mendale sebagai sumber belajar IPS. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif naturalistik. Teknik pengumpulan data: Wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Verifikasi dilakukan dengan empat kriteria keabsahan data, yaitu: derajat kepercayaan (credibility), keteralihan (transferability), kebergantungan (dependability), dan kepastian (confirmability). Hasil penelitian menunjukkan: (1) pemanfaatan situs sejarah Loyang Mendale sebagai sumber belajar dengan menggunakan metode karya wisata yaitu metode atau cara belajar diluar kelas yang dilakukan dengan melihat atau mengamati materi pelajaran secara langsung di alam bebas; (2) apresiasi peserta didik terhadap situs sejarah Loyang Mendale dapat dilihat melalui kebanggaan seluruh peserta didik dengan mempublikasikan, mengkomunikasikan dan menginformasikan peninggalan sejarah yang ditemukan di situs sejarah Loyang Mendale melalui kegiatan diskusi dalam mengerjakan LKS dan presentasi hasil pengamatan; (3) terdapat 2 kendala yang dihadapi guru, yaitu: teknis di lapangan dan ketidaksiapan guru dalam pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAzhari, Ichwan196101161985031003
Thesis advisorYusnadi, 196101091987031003
Call Number: 372.83 Ayu p
Keywords: Sumber belajar; Situs sejarah; Loyang mendale; Teori belajar
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 02 Nov 2016 02:52
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21048

Actions (login required)

View Item View Item