PERBEDAAN KEMAMPUAN PENARALAN SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY LEARNING DAN METODEEKSPOSITORI PADA MATERI LINGKARANDI KELAS VIIISMP N 8 BINJAI T.A. 2015/2016

Adriyati, Inggri (2016) PERBEDAAN KEMAMPUAN PENARALAN SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY LEARNING DAN METODEEKSPOSITORI PADA MATERI LINGKARANDI KELAS VIIISMP N 8 BINJAI T.A. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4123111032 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4123111032 APPROVAL.pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4123111032 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4123111032 PREFACE.pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4123111032 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4123111032 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4123111032 TABLES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4123111032 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM 4123111032 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4123111032 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM 4123111032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4123111032 BIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan penalaran siswa yang diajar dengan metode discovery learning lebih baik daripada metode ekspositori pada materi lingkaran di kelas VIII SMP N 8 Binjai T.A. 2015/2016 dan untuk melihat pola jawaban siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran discovery learning dengan siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran ekspositori pada materi lingkaran di kelas VIII SMP N 8 Binjai T.A. 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP N 8 Binjai dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-4 kelas VIII-5 sebanyak 64 orang yang diambil secara acak. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Data yang digunakan adalah tes Pemahaman Awal Matematika (PAM) yang diambil dari 10 butir soal UN Sekolah Dasar dan tes kemampuan penalaran berbentuk uraian sebanyak 5 soal. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data tes PAM. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa hasil tes PAM kedua sampel berdistribusi normal dan homogen, dengan demikian penulis bisa memberikan perlakuan kepada kedua sampel. Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil tes kemampuan penalaran yang diberi pembelajaran discovery learning adalah 65,47 dengan simpangan baku 12,01 dan rata-rata hasil tes kemampuan penalaran yang diberi pembelajaran ekspositori adalah 46,72 simpangan baku 14,35. Untuk uji hipotesis digunakan uji t, dari hasil perhitungan diperoleh thitung=5,670 dan ttabel=1,6698. Ternyata thitung>ttabel, sehingga

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimanjuntak, Erlinawaty198109042008122001
Call Number: SK-2016 MAT 114
Keywords: Discovery learning; Ekspositori;Kemampuan penalaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Oct 2016 08:36
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20865

Actions (login required)

View Item View Item