PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIBELAJARKAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK DAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI REAKSI REDOKS

Hutahaean, Nirya Finetri (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIBELAJARKAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK DAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI REAKSI REDOKS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4123131065 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4123131065 APPROVAL.pdf - Published Version

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4123131065 ABSTACT.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4123131065 PREFACE.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4123131065 TABLE OF CONTEST.pdf - Published Version

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4123131065 TABLE.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4123131065 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4123131065 APPEDICES.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM 4123131065 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4123131065 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM 4123131065 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4123131065 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggunakan model kooperatif yang berguna untuk mengembangkan interaksi yang baik antar siswa dan untuk menghindari ketersinggungan serta kesalahpahaman yang dapat menimbulkan permusuhan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Bangun Purba yang terdiri dari 5 kelas. Sampel diambil 2 kelas pararel untuk ditetapkan sebagai Kelas Eksperimen 1 dengan perlakuan model Investigasi Kelompok dan Kelas Eksperimen II dengan perlakuan model kooperatif tipe STAD dan jumlah siswa pada masing-masing kelas sebanyak 23 orang. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada materi reaksi redoks kelas X dan 2) mengetahui perbedaan sikap kerjasama siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu instrument test (berupa 20 butir soal pilihan berganda) dan instrument non-test (berupa lembar observasi kerjasama siswa). Tekhnik analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan uji t-dua pihak. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data hasil pretest dan posttest pada kedua kelas berdistribusi normal dan homogen sehingga diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa (1) rata-rata hasil belajar kelas eksperimen I sebesar 73,26 dan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen II sebesar 65,22 dengan nilai thitung= 2,23 dan ttabel= 2,02 (2) nilai rata-rata kerjasama siswa kelas eksperimen I sebesar 81,67 dan nilai rata-rata kerjasama siswa kelas eksperimen II sebesar 73,91 dengan nilai thitung= 2,67 dan ttabel= 2,02. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa nilai thitung › dari ttabel dalam hal hasil belajar dan kerjasama siswa (Ha diterima dan Ho ditolak), sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar dan sikap kerjasama siswa dari kedua kelas sampel pada materi reaksi redoks.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimanjuntak, Amser195212261976031002
Call Number: SK-2016 KIM 213
Keywords: Investigasi Kelompok; Hasil Belajar; Reaksi Redoks
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Oct 2016 09:51
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20780

Actions (login required)

View Item View Item