PEMANFAATAN ALAM SEKITAR SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI POKOK STRUKRUR TUMBUHAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 SIDIKALANG TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015.

Sitorus, Koko Sunaryo (2016) PEMANFAATAN ALAM SEKITAR SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI POKOK STRUKRUR TUMBUHAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 SIDIKALANG TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4103341027 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4103341027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4103341027 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4103341027 PREFACE.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4103341027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4103341027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4103341027 TABLES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4103341027 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4103341027 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4103341027 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4103341027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan pemanfaatan alam sekitar sekolah di kelas XI SMA Negeri 2 Sidikalang Tahun Pembelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian sebanyak 1 kelas berjumlah 31 siswa. Objek penelitian ini adalah pemanfaatan alam sekitar sekolah dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok struktur tumbuhan di kelas XI PMIA4 SMA Negeri 2 Sidikalang T.P. 2014/2015. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini berupa tes hasil belajar sebanyak 31 soal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdasarkan masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dimana pada siklus I nilai rata-rata tes hasil belajar siswa sebesar ( ̅= 73,93) dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 51,61% meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata tes hasil belajar siswa sebesar ( ̅= 85,42) dengan ketuntasan hasil belajar 87,09%. Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) meningkat dari siklus I ke siklus II dengan peningkatan rata-rata tes hasil belajar sebesar 15,83.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorManurung, Binari196404041989031006
Call Number: SK-2016 BIO 200
Keywords: Pemanfaatan Alam; Hasil Belajar Siswa; Struktur Tumbuhan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QK Botany > QK900 Plant ecology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 18 Oct 2016 07:46
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20640

Actions (login required)

View Item View Item