PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWAPADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS XI SMA NEGERI 4 KISARAN T.P 2015/2016

Rambe, Afrina Sari (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWAPADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS XI SMA NEGERI 4 KISARAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4123321002 COVER.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4123321002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4123321002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4123321002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4123321002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4123321002 TABLES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4123321002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4123321002 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM 4123321002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4123321002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM 4123321002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4123321002 BIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Training terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pokok Fluida Statis di Kelas XI SMA Negeri 4 Kisaran T.P 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Semester genap SMA Negeri 4 Kisaran yang terdiri dari empat kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yang ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda yaitu kelas XI-IPA2 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran Inquiry Training dan XI-IPA3 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini digunakan tes kemampuan berpikir kritis yakni tes uraian yang terdiri dari 10 item yang telah divalidkan oleh validator. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis varians satu jalur. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran Inquiry Training dan kelas kontrol dengan pembelajaran Konvensional, diperoleh hasil postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 86,48 dan kelas kontrol 81,63. Hasil penelitian diperoleh αhitung<αtabel = 0,012<0,05. Dengan demikian, adanya pengaruh yang signifikan kemampuan berfikir kritis siswa menggunakan model pembelajaran pembelajaran Inquiry Training lebih baik dari pada kemampuan berfikir kritis siswa dengan menggunakan pembelajaran Konvensional pada materi pokok fluida statis di kelas XI SMA Negeri 4 Kisaran T.P. 2015/2016

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiregar, Alkhafi Maas19690127199412001
Call Number: SK-2016 FIS 122
Keywords: Inquiry Training; Kemampuan Berpikir Kritis;Fisika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Oct 2016 07:02
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20593

Actions (login required)

View Item View Item