PENGARUHMODEL PROBLEM BASED LEARNINGMENGGUNAKAN PETA PIKIRAN(MIND MAP)TERHADAP HASIL BELAJAR SISWAPADA MATERIFLUIDA DINAMISDI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 SUNGGAL T.P. 2015/2016

Sinulingga, Afyka Sari (2016) PENGARUHMODEL PROBLEM BASED LEARNINGMENGGUNAKAN PETA PIKIRAN(MIND MAP)TERHADAP HASIL BELAJAR SISWAPADA MATERIFLUIDA DINAMISDI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 SUNGGAL T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Other
1.NIM(4122121002)_COVER.PDF - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Other
2. NIM (4122121002) APPROVAL SHEET.PDF - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Other
3. NIM (4122121002) CURRICULUM VITAE .PDF - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Other
4. NIM (4122121002) ABSTRACT.PDF - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Other
5. NIM (4122121002) PREFACE .PDF - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Other
6. NIM (4122121002) TABLE OF CONTENT.PDF - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Other
7. NIM (4122121002) ILLUSTRATION.PDF - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Other
9. NIM (4122121002) TABLE.PDF - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Other
10. NIM (4122121002) CAHPTER I.PDF - Published Version

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Other
14. NIM (4122121002) CHAPTER V.PDF - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Other
15. NIM (4122121002) BIBLIOGRAPHY.PDF - Published Version

Download (60kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Based Learning dengan menggunakan teknik peta pikiran (Mind Map) pada materi pokok Fluida Dinamis di kelas XI semester II SMA Negeri 1 Sunggal T.P 2015/2016. Jenis penelitia adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari enam kelas paralel sebanyak 210 orang. Dengan teknik cluster random sampling terpilih kelas XI MIA-1 sebagai kelas kontrol dan XI MIA-2 sebagai kelas eksperimen dan masing-masing kelas berjumlah 31 orang. Instrumen yang digunakan berupa soal essay tes sebanyak 10 soal yang telah dilakukan uji persyaratan tes untuk mengukur hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pretes kelas eksperimen 40,48 dan kelas kontrol 42,58. Pada pengujian normalitas dan homogenitas kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas untuk pretes diperoleh thitung= 0,71 dan ttabel = 2,0 karena thitung<ttabel, maka dapat dinyatakan bahwa kemampuan awal siswa kedua kelas sampel sama. Kemudian diberi perlakuan yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran Problem Based Learning dengan menggunakan peta pikiran (Mind Map) dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, dilakukan postes dengan hasil nilai rata-rata kelas eksperimen 75,16 dan kelas kontrol 66,13. Pada pengujian normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa data postes berdistribusi normal dan variansnya homogen. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas diperoleh thitung= 3,20 dan ttabel= 1,67 untuk  = 0,05 dan dk = 60. Karenat hitung> ttabel maka Ha diterima yang berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan menggunakan peta pikiran (Mind Map) pada materi Fluida Dinamis di kelas XI semester II SMA Negeri 1 Sunggal T.P 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiregar, Alkhafi Maas19690127199412001
Call Number: SK-2016 FIS 128
Keywords: Problem Based Learning; Mind Map (Peta Pikiran); Fluida Dinamis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Oct 2016 04:29
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20582

Actions (login required)

View Item View Item