P E N G A R U H M O D E L P E M B E L A J A R A N I N K U I R I TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS X SEMESTER II SMA N 1 MUNTHE T.P 2014/2015

Mori, Franchen (2016) P E N G A R U H M O D E L P E M B E L A J A R A N I N K U I R I TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS X SEMESTER II SMA N 1 MUNTHE T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4103321017 COVER .pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4103321017 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4103321017 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.NIM 4103321017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4103321017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4103321017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4103321017 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4103321017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4103321017 BAB I .pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4103321017 BAB V .pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4103321017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview

Abstract

Peneliti bertujuan untuk menentukan hasil belajar siswa yang di ajar dengan model pembelajaran konvensional dan Inkuiri terbimbing pada materi Fluida Statis.Menentukan pengaruh penggunaan model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi Fluida Statis.Menentukan persentase peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi Fluida Statis. Penelitian dilakukan di SMA N 1 Munte dengan populasi 102 siswa, dengan sampel 56 siswa yang terdiri atas 2 kelas. Kelas X-1 sebagai kelas eksperimen yang diajari dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas X-2 sebagai kelas control yang diajari dengan model pembelajaran konvensional.Variabel bebasnya model pembelajaran dan terikat adalah hasil belajar siswa pada materi fluida statis prosedur kerjanya dengan member pretes ,belajar diakhiri dengan pemberian post tes dan diuji dengan ujinormalitas ,homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar fisika siswa yang diberi pembelajaran dengan model konvensional adalah 49,57.Hasil belajar fisika siswa yang diberi pembelajaran dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi pokok fluida statis adalah 69,57.Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi pokok fluida statis dengan thitung> ttabel atau 5,95>2,0147 yang pada taraf signifikan α = 0,05.Persentase hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 40,35% setelah diajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi pokok fluida statis.Persentase hasil belajar terhadap kkm mmengalami peningkatan sebesar 6,56%.Kendala yang sering terjadi penggunaan waktu yang tidak efisien dan kurang fokusnya guru dalam mengawasi ,membimbing siswa serta pemberian aktivitas yang tidak merata . Model ini membutuhkan konsentrasi yang bagus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiregar, Alkhafi Maas19690127199412001
Call Number: SK-2016 FIS 135
Keywords: Fluida; Hukum Pascal; Hukum Archimedes
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Oct 2016 04:16
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20579

Actions (login required)

View Item View Item