PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE DAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 MEDAN T.P 2016/2017

Royanti., (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE DAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 7123342032 COVER.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 7123342032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 7123342032 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 7123342032 PREFACE.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 7123342032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 7123342032 TABLES.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 7123342032 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 7123342032 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 7123342032 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 7123342032 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 7123342032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Inside Outside Cyrcle (IOC) lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Cooperative Script pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Medan T.P 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI SMK Negeri 1 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 1 Medan yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 156 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yang terdiri dari kelas eksperimen 1(XI AK1) dan eksperimen 2 (XI AK2) yang masing-masing populasinya terdiri dari 39 siswa dan diambil penarikan sampel masing-masing sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran tes, dan uji daya beda tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus “uji t”. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pre test dan post test dengan model pembelajaran Inside Outside Circle = 45,17 dan 81,5 dan hasil rata-rata pre test dan post test model pembelajaran Cooperative Script = 48,83 dan 69,83. Hipotesis penelitian ini diuji dengan uji t dan diperoleh thitung sebesar 5,081 sedangkan ttabel sebesar 1,67 pada taraf nyata α = 0.05 yaitu thitung > ttabel maka hipotesis penelitian ini diterima. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan Model Pembelajaran Inside Outside Circle lebih tinggi secara signifikan dari pada hasil belajar akuntansi yang diajar dengan Model pembelajaran Cooperative Script pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Medan T.P 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRamdhansyah, 197608272008011012
Call Number: SK-2016 AKT 167
Keywords: Model Pembelajaran Inside Outside Circle; Cooperative Script; Hasil Belajar Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Oct 2016 08:42
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20544

Actions (login required)

View Item View Item