PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 5 BINJAI T.P 2015/2016

Depari, Mhd.Syahri Fernandez (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 5 BINJAI T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 7103142049 COVER.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 7103142049 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 7103142049 ABSTRAC.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 7103142049 PREFACE.pdf - Published Version

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 7103142049 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 7103142049 TABLES.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 7103142049 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 7103142049 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 7103142049 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 7103142049 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 7103142049 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI IS SMA Negeri 5 Binjai T.P 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan dengan metode konvensional pada siswa kelas XI IS SMA Negeri 5 Binjai T.P 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Binjai yang beralamat di Jl. Jambi No.5 Kota Binjai. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IS SMA Negeri 5 Binjai Tahun Pembelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 91 siswa. Teknik Pengambilan sampel yang dilakukan adalah teknik random sampling, yaitu 30 orang dari kelas XI IS 1 terpilih sebagai kelas eksperimen dan 30 orang dari kelas XI IS 2 terpilih sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data penelitian yang digunakan untuk mengukur hasil belajar akuntansi siswa dalam bentuk tes pilihan berganda sebanyak 20 item, dimana sebelumnya telah diujicobakan untuk mengetahui tingkat validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran. Tekhnik analisis data yang digunakan yaitu uji Normalitas digunakan uji Liliefors, uji Homogenitas menggunakan uji F dan Pengujian Hipotesis menggunakan Uji-t dengan dk=(n1+n2)-2 pada taraf α= 0,05. Dari hasil analisis data untuk kelas eksperimen untuk pretes diperoleh ratarata 55,00 dan standar deviasi 9,47, untuk postes 81,33 dan standar deviasi 11,44. Kemudian untuk kelas kontrol untuk pretes diperoleh nilai rata-rata 54,33 dan standar deviasi 9,64, untuk postes 73,17 dan standar deviasi 12,14. Pengujian hipotesis dilakukan dengan tingkat kepercayaan 95%  = 0,05 pada pengamatan n = 30 siswa didapat thitung 2,4123 dan ttabel 1,671. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,4123 > 1,671), dengan kata lain hipotesis diterima. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI IS SMA Negeri 5 Binjai T.P 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis, Effi Aswita19570923194032001
Call Number: SK-2016 AKT 138
Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning; Hasil Belajar; Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Oct 2016 03:55
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20516

Actions (login required)

View Item View Item