PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 BARUSJAHE T.P 2016/2017

Barus, Nova Devita (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 BARUSJAHE T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM 7123342027 COVER.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM 7123342027 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM 7123342027 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM 7123342027 PREFACE.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM 7123342027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06.NIM 7123342027 TABLES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM 7123342027 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM 7123342027 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 7123342027 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 7123342027 BLIBLIOGRAFHY.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa dikelas XII IPS SMA Negeri 1 Barusjahe. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar akuntansi siswa yang diajar dengan model pembelajaran Mind Mapping dibandingkan dengan hasil belajar yang diajar dengan strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange pada materi Karakteristik dan Transaksi Perusahaan Dagang kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Barusjahe. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Barusjahe yang beralamat di Desa Suka Julu Kec.Barusjahe Kab.Karo. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 50 orang. Sampel yang digunakan, kelas XII IPS 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan XII IPS 2 sebagai kelas eksperimen 2 dengan masing-masing kelas terdiri dari 25 orang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji Liliefors, Uji homogenitas menggunakan Uji F, menghitung uji hipotesis dengan uji t dengan kriteria terima hipotesis apabila menunjukkan t hitung> t tabel pada α = 0,05 Hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 1 pretest X = 42,6; SD = 11 dan postes X = 79,8 ; SD = 10,04. Sedangkan kelas eksperimen 2 pretest X = 43; SD = 12,41 dan postest adalah X = 73,2 ; SD = 8,645. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dengan α = 0,05. Dari data perhitungan hipotesis thitung sebesar 2,489 sedangkan ttabel = 2,01. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 2,489 > 2,01 yang berarti hipotesis penelitian diterima. Jadi berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping lebih tinggi dibanding hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange pada materi Karakteristik dan Transaksi Perusahaan Dagang mata pelajaran akuntansi kelas XII SMA Negeri 1 Barusjahe Tahun Pembelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRamdhansyah, 197608272008011012
Call Number: SK-2016 AKT 154
Keywords: Model Pembelajaran Mind Mapping;; Strategi Pembelajaran Rotating Trio exchange; Hasil Belajar Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Oct 2016 03:01
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20500

Actions (login required)

View Item View Item