PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ACCOUNTING GAME TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS DI SMAN 1 TIGABINANGA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Sembiring., Andi Novrianto (2016) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ACCOUNTING GAME TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS DI SMAN 1 TIGABINANGA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM.7123142002 COVER.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM.7123142002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM.7123142002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM.7123142002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM.7123142002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM.7123142002 TABLES.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM.7123142002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM.7123142002 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM.7123142002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM.7123142002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tigabinanga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran accounting game lebih tinggi daripada hasil belajar akuntansi yang diajar tanpa menggunakan media pembelajaran pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Tigabinanga Tahun Pembelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tigabinanga yang berlokasi di Jalan Kotacane Tigabinanga pada tahun pembelajaran 2015/2016 dengan jumlah populasi 143 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling yang terdiri dari kelas eksperimen 30 siswa dan kelas kontrol 30 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes pilihan berganda sebanyak 20 soal yang masing-masing terdiri dari 5 opsi yang dikutip penulis dari buku sehingga validitas dan realibilitasnya telah teruji. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan cara menghitung nilai mean dan standar deviasi. Dari hasil analisis data diperoleh nilai mean tes hasil belajar siswa kelas eksperimen 87,83 dengan standar deviasi 8,80 dan nilai mean tes hasil belajar siswa kelas kontrol 79,33 dengan standar deviasi 6,91. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung = 4,67 dan setelah dibandingkan dengan harga ttabel = 1,671 ternyata thitung > ttabel (4,67 > 1,671). Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran accounting game berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tigabinanga pada Tahun Pembelajaran 2015/2016

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSembiring, Teridah195207231980011001
Call Number: SK-2016 AKT 105
Keywords: Media Pembelajaran Accounting Game; Hasil Belajar; Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Oct 2016 02:06
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20490

Actions (login required)

View Item View Item