PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG GAYA KEPEMIMPINAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWAKELAS X AP SMK YAYASAN PENDIDIKAN HARAPAN BANGSA KUALA T.A 2015/2016

Fauzan,, Rizky (2016) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG GAYA KEPEMIMPINAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWAKELAS X AP SMK YAYASAN PENDIDIKAN HARAPAN BANGSA KUALA T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 7122141028 COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 7122141028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 7122141028 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 7122141028 PERPACE.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 712241028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 7122141028 TABLES.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 7122141028 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 7122141028 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 7122141028 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 7122141028 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 712214028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah persepsi siswa tentang gaya kepemimpinan guru berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas X AP SMK Yayasan Pendidikan Harapan Bangsa Kuala T.A 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang gaya kepemimpinan guru (otokratis, laissez faire, demokratis) terhadap prestasi belajar siswa kelas X AP SMK Yayasan Pendidikan Harapan Bangsa Kuala T.A 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP SMK Yayasan Pendidikan Harapan Bangsa Kuala dengan jumlah 71 siswa dan sampel yang diambil secara total sampling sebanyak 71 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner yang telah diujikan terlebih dahulu validitasnya. Selain itu digunakan studi dokumentasi untuk prestasi belajar. Hasil penelitian berdasarkan analisa regresi diperoleh persamaan regresi Y = 41,953 + 0,225 X1 - 0,132 X2 + 0,551 X3. Hasil dari pengujian secara parsial dengan teknik analisis uji t diperoleh hasil persepsi siswa tentang gaya kepemimpinan otokratis (X1) berpengaruh posiitif dan signifikan terhadap prestasi belajar diperoleh thitung 2,165 > ttabel 1,995 dengan signifikan 0,034 < 0,05, persepsi siswa tentang gaya kepemimpinan laissez faire (X2) berpengaruh negatif terhadap prestasi belajar diperoleh thitung -1,817 < ttabel 1,995 dengan signifikan 0,074 > 0,05, dan persepsi siswa tentang gaya kepemimpinan demokratis (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar diperoleh thitung 8,756 > ttabel 1,995 dengan signifikan 0,000 > 0,05. Untuk menguji koefisien secara keseluruhan digunakan uji F, yang memberikan hasil bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang gaya kepemimpinan guru terhadap prestasi belajar dengan nilai Fhitung > Ftabel (33,680 > 3,13). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima yaitu ada pengaruh yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang gaya kepemimpinan guru terhadap prestasi belajar siswa kelas X AP SMK Yayasan Pendidikan Harapan Bangsa Kuala T.A 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorFitrawaty, 197605112008012012
Call Number: SK-2016 NIAGA 081
Keywords: Persepsi Siswa; Gaya Kepemimpinan Guru; Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 07 Oct 2016 04:24
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20364

Actions (login required)

View Item View Item