PENGARUH METODE INKUIRI TERHADAP MINAT BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA SWASTA Y.P PEMBANGUNAN GALANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Siregar, Husin Rizky (2016) PENGARUH METODE INKUIRI TERHADAP MINAT BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA SWASTA Y.P PEMBANGUNAN GALANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 7123341044 - COVER.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 7123341044 - APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 7123341044 - ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 7123341044 - PREFACE.pdf - Published Version

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 7123341044 - TABLES.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 7123341044 - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 7123341044 - ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 7123341044 - APPENDICIES.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 7123341044 - CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 7123341044 - CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 7123341044 - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya minat siswa dan prestasi siswa dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat dan prestasi belajar ekonomi yang diajarkan dengan metode pembelajaran Inkuiri lebih tinggi daripada minat dan prestasi yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional siswa kelas X SMA Swasta Y.P Pembangunan Galang T.P 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Y.P Pembangunan Galang jalan Petani Lingkungan VII Galang. Populasi dalam penelitian adalah sebanyak 52 siswa yang tersebar dalam 2 kelas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purpose random sampling yaitu kelas X-A sebagai kelas kontrol dan X-B sebagai kelas eksperimen yang masing-masing tediri dari 26 siswa. Alat pengumpulan data untuk mengukur minat belajar ekonomi menggunakan data angket minat dan prestasi belajar menggunakan pretest dan postest yang tediri dari 20 soal. Teknik analisis data adalah menguji hipotesis adalah uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat dan prestasi belajar ekonomi yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran inkuiri lebih tinggi dan signifikan daripada minat dan prestasi belajar ekonomi yang diajarkan dengan metode konvensional. Dibuktikan pada minat dengan hasil analisis menggunakan uji t pada tingkat kepercayaan 95%(α=0,05) diperoleh bahwa thitung>ttabel yaitu thitung 2,558 > ttabel 2,009 maka H₀ ditolak dan Ha diterima. Rata-rata kelas eksperimen sebesar 79,18 sedangkan pada kelas 70,34. Pada prestasi belajar diperoleh bahwa thitung>ttabel yaitu thitung 2,443 > ttabel 2,009 maka H₀ ditolak dan Ha diterima. Rata-rata kelas ekperimen sebesar 85,38 sedangkan pada kelas kontrol memiliki 72,92. Disimpulkan bahwa minat dan prestasi belajar ekonomi yang diajarkan dengan metode pembelajaran Inkuiri lebih tinggi secara signifikan dibandingkan minat dan prestasi yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHutasuhut, Saidun196608301993031002
Call Number: SK-2016 EKO 108
Keywords: Metode Pembelajaran Inkuiri; MinatBelajar; Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 05 Oct 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20302

Actions (login required)

View Item View Item