IMPLEMENTASI SUPERVISI KLINIS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 1 RAYA KABUPATEN SIMALUNGUN

Rajagukguk, Esron (2016) IMPLEMENTASI SUPERVISI KLINIS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 1 RAYA KABUPATEN SIMALUNGUN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8146132039 COVER.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8146132039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8146132039 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8146132039 PREFACE.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8146132039 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8146132039 TABLES.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8146132039 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8146132039 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8146132039 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8146132039 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8146132039 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah supervisi klinis dapat meningkatkan kemampuan guru rumpun IPS dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di SMA Negeri 1 Raya Kabupaten Simalungun. Hipotesis tindakan pada penelitian ini adalah melalui penerapan supervisi klinis dapat meningkatkan kemampuan guru rumpun IPS menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di SMA Negei 1 Raya. Subjek penelitian adalah guru rumpun IPS di SMA Negeri 1 Raya sebanyak lima orang guru. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan sekolah mengacu kepada model penelitian Kemmis, dirancang dengan proses siklus sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat fase kegiatan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan guru rumpun IPS menyusun RPP pada siklus I mencapai nilai rata-rata sebesar 84,00 % dengan kategori Baik, sedangkan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 92,09 % dengan kategori Amat Baik. Berdasarkan data hasil penelitian, kesimpulan penelitian adalah bahwa penerapan supervisi klinis dapat meningkatkan kemampuan guru rumpun IPS menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di SMA Negri 1 Raya Kabupaten Simalungun. Oleh karena itu diharapkan pengawas sekolah agar menerapkan supervisi klinis dalam meningkatkan profesionalisme guru khususnya dalam menyusun RPP.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorWau, Yasaratodo195901011986011002
Thesis advisorDaryanto, Eka196511181992031001
Call Number: 371.203 Raj i
Keywords: Kemampuan menyusun RPP; Supervisi klinis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 04 Oct 2016 02:37
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20261

Actions (login required)

View Item View Item