PERAN GURU PPKn DALAM MENINGKATKAN SIKAP DEMOKRATIS SISWA KELAS X SMAN 1 LINTONGNIHUTA KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016

Siregar, Marojahan Andri (2016) PERAN GURU PPKn DALAM MENINGKATKAN SIKAP DEMOKRATIS SISWA KELAS X SMAN 1 LINTONGNIHUTA KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 3123111043 COVER.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 3123111043 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 3123111043 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 3123111043 PREFACE.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 3123111043 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 3123111043 TABLES.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 3123111043 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 3123111043 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 3123111043 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 3123111043 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Peran Guru PPKn dalam meningkatkan sikap demokrastis siswa kelas X Tahun Pelajaran 2015/2016. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi, penyebaran angket, wawancara dan dokumentasi. Untuk mengetahui analisis data yang terkumpul penulis menggunakan table frekuensi. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Lintongnihuta yang berjumlah 476 orang dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 48 orang dengan mengambil 10% dari jumlah populasi dengan menggunakan teknik sampel acak. Pengambilan sampel ditetapkan secara acak sederhana (random sampling) dan untuk mengetahui analisis data yang terkumpul penulis menggunakan tabel frekuensi dengan menggunakan rumus statistik sederhana (persentase). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan berperan dalam meningkatkan sikap demokratis siswa. Beberapa sikap demokratis siswa seperti hormat dan tanggung jawab, bersikap kritis, membuka diskusi dan dialog, bersikap terbuka, rasional, adil dan jujur meningkatkan dengan adanya peran guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiregar, Rosnah195605101980032004
Call Number: SK-2016 PKN 095
Keywords: Peran Guru; PKN; Demokrasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Oct 2016 04:31
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20231

Actions (login required)

View Item View Item