PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, LOCUS OF CONTROL, KARAKTERISTIK KELOMPOK KERJA, DAN KINERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA PENDIDIK PADA SMA SWASTA HURIA KRISTEN BATAK PROTESTAN (HKBP) DI PROVINSI SUMA TERA UTARA

Simaremare, Aman (2016) PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, LOCUS OF CONTROL, KARAKTERISTIK KELOMPOK KERJA, DAN KINERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA PENDIDIK PADA SMA SWASTA HURIA KRISTEN BATAK PROTESTAN (HKBP) DI PROVINSI SUMA TERA UTARA. Doctoral thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
8106111068 COVER.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8106111068 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8106111068 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional, locus of control, karakteristik kelompok kerja, dan kinerja terhadap kepuasan kerja pendidik pada SMA Swasta HKBP di Provinsi Sumatera Utara. Populasi penelitian ini adalah seluruh pendidik tetap pada SMA Swasta HKBP yang berjumlah 292 orang dengan sam pel sebanyak 131 orang yang diambi1 dengan teknik proporsional random sampling. Data penelitian diperoleh melalui angket dan lembar observasi penilaian kinerja pendidik, selanjutnya diolah dengan bantuan program SPSS. Hasil analisis menunjukkan terdapat pengaruh langsung kepemimpinan transformasional terhadap kepuasan kerja pendidik dengan koefisien jalur sebesar 0,19, pengaruh langsung locus of control terhadap kepuasan kerja pendidik sebesar 0,21, pengaruh langsung karakteristik kelompok kerja terhadap kepuasan kerja pendidik sebesar 0, 19, pengaruh langsung kinerja terhadap kepuasan kerja pendidik sebesar 0, 15, pengaruh langsung kepemimpinan transformasional terhadap kinerja pendidik sebesar 0,31, pengaruh langsung locus of control terhadap kinerja sebesar 0,28, dan pengaruh langsung karakteristik kelompok kerja terhadap kinerja pendidik sebesar 0,26. Ada pengaruh tidak langsung kepemimpinan transformasional terhadap kepuasan kerja melalui kinerja pendidik sebesar 0,06, ada pengaruh tidak langsung locus of control terhadap kepuasan kerja melalui kinerja pendidik sebesar 0,05, dan ada pengaruh tidak langsung karakteristik kelompok kerja terhadap kepuasan kerja melalui kinerja pendidik sebesar 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan, semakin efektif kepemimpinan transformasional kepala sekolah, locus of control yang baik, karakteristik kelompok kerja yang efektif, dan kinerja yang baik semakin tinggi kepuasan kerja pendidik pada SMA Swasta HKBP di Provinsi Sumatera Utara. Implikasi hasil penelitian ini menjelaskan bahwa untuk meningkatkan kepuasan kerja pendidik dapat dilakukan dengan meningkatkan efektifitas kepemimpinan transformasional kepala sekolah, pengembangan locus of control, pengembangan karakteristik kelompok kerja, dan peningkatan kinerja pendidik.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorManullang, Belferik194710151974121001
Thesis advisorSitompul, Harun196007051986011001
Call Number: 378.107 Sim p
Keywords: Kepemimpinan transformasional; Locus of control; Karakteristik kelompok kerja; Kinerja; kepuasan kerja
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan (S3)
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 23 Sep 2016 04:48
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19977

Actions (login required)

View Item View Item