PERBEDAAN PENGENALAN KONSEP BILANGAN DITINJAU DARI KREATIVITAS BERPIKIR DAN MEDIA PEMBELAJARAN BERMAIN EDUGAMES-ICT DAN PERMAINAN SEDERHANA DI RA. JIHAN ULFANI MEDAN

Iqlima, (2016) PERBEDAAN PENGENALAN KONSEP BILANGAN DITINJAU DARI KREATIVITAS BERPIKIR DAN MEDIA PEMBELAJARAN BERMAIN EDUGAMES-ICT DAN PERMAINAN SEDERHANA DI RA. JIHAN ULFANI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM. 8146181008 COVER.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 8146181008 LEMBARAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 8146181008 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 8146181008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 8146181008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 8146181008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 8146181008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 8146181008 BAB I.pdf - Published Version

Download (655kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 8146181008 BAB V.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 8146181008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (427kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan pengenalan konsep bilangan anak usia dini ditinjau dari kreativitas berpikir dan media pembelajaran bermain edugames-ICT dan permainan sederhana di RA. Jihan Ulfani Medan. Data pengenalan konsep bilangan diperoleh melalui tes instrument sebanyak 20 butir soal, sedangkan kreativitas berpikir diukur melalui hasil observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa TK-B yang berjumlah sebanyak 60 orang dengan teknik Cluster Random Sampling. Jenis penelitian kuasi-eksperimen dengan menggunakan analisis varians dua jalur faktorial 2x2. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Pengenalan konsep bilangan anak yang mengikuti pembelajaran menggunakan media edugames-ICT lebih tinggi dari pada pengenalan konsep bilangan anak yang mengikuti pembelajaran menggunakan media permainan sederhana. Diperoleh hasil rata-rata pengenalan konsep bilangan anak yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media edugames sebesar 17.77, sedangkan rata-rata pengenalan konsep bilangan anak yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan permainan sederhana sebesar 13.60. (2) Pengenalan konsep bilangan anak yang memiliki kreativitas berpikir tinggi lebih tinggi dari pada pengenalan konsep bilangan anak yang memiliki kreativitas berpikir rendah. Diperoleh hasil rata-rata pengenalan konsep bilangan anak yang memiliki kreativitas berpikir tinggi sebesar 18.03, sedangkan rata-rata pengenalan konsep bilangan anak yang memiliki kreativitas berpikir rendah sebesar 13.00. (3) Tidak terdapat interaksi antara media pembelajaran dan kreativitas berpikir terhadap pengenalan konsep bilangan anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorYus, Anita195907211986012001
Thesis advisorArmanto, Dian196310111988031001
Call Number: 372.7 Iql p
Keywords: Pengenalan konsep bilangan; Edugames-ICT; Kreativitas berpikir; Media pembelajaran; Kreativitas berpikir
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 21 Sep 2016 07:30
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19695

Actions (login required)

View Item View Item