PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS KOLABORATIF DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VB SD DEWI SARTIKA TP. 2015-2016

Aini, Rosida (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS KOLABORATIF DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VB SD DEWI SARTIKA TP. 2015-2016. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM. 8146182037 JUDUL.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM. 8146182037 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM. 8146182037 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM. 8146182037 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM. 8146182037 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM. 8146182037 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM. 8146182037 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM. 8146182037 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM. 8146182037 BAB I.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM. 8146182037 BAB V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM. 8146182037 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis. (1) Pengaruh model pembelajaran kontekstual berbasis kolaboratif dan model direct instruction terhadap hasil belajar IPA siswa, (2) Pengaruh tingkat motivasi terhadap hasil belajar IPA siswa. (3) interaksi antara model pembelajaran dengan tingkat motivasi dalam mempengaruhi hasil belajar IPA siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Dewi Sartika Kecamatan Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai. Sampel dalam penelitian ini dipilih secara cluster random sampling sebanyak dua kelas. Kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran dengan model kontekstual berbasis kolaboratif dan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran direct instruction. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes hasil belajar IPA, dan lembar angket motivasi belajar. Analisis data dilakukan dengan menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kontekstual berbasis kolaboratif berbeda secara signifikan dan lebih baik dibandingkan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran direct instruction. Siswa dengan motivasi tinggi menunjukkan hasil belajar yang lebih tinggi dibanding siswa dengan motivasi rendah. Dalam penelitian ini membuktikan terjadi interaksi antara model pembelajaran dan tingkat motivasi dalam mempengaruhi hasil belajar IPA siswa. Hasil penelitan ini menyarankan bahwa model pembelajaran kontekstual berbasis kolaboratif merupakan solusi dan alternatif pilihan guru dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSuyanti, Retno Dwi196601261991032003
Thesis advisorHasibuan, Sanusi196408111992031005
Call Number: 372.35 Ain p
Keywords: Hasil belajar; Motivasi; Kontekstual; Kolaboratif; Pembelajaran langsung
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 20 Sep 2016 07:18
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19658

Actions (login required)

View Item View Item