PENGEMBANGAN LKS BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD SWASTA BAPTIS INDEPENDEN MEDAN

Simamora, Saut M. (2016) PENGEMBANGAN LKS BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD SWASTA BAPTIS INDEPENDEN MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM 8146182038 COVER.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM 8146182038 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM 8146182038 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM 8146182038 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM 8146182038 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM 8146182038 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM 8146182038 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM 8146182038 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM 8146182038 BAB I.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM 8146182038 BAB V.pdf - Published Version

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM 8146182038 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis proyek yang layak dan valid serta efektif.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model Dick and Carey. Subjek pada penelitian ini adalah siswaSD Swasta Baptis Independen Medan kelas V. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis proyek.Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar validasi LKS, lembar validasi tes hasil belajar, tes hasil belajar dan angket respon siswa.Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validasi ahli materi dan bahasa, menyatakan bahwa LKS yang dikembangkan layak digunakan di lapangan dengan revisi dan valid, sedangkan validasi ahli desain pembelajaranmenyatakan bahwa LKS yang dikembangkan layak digunakan di lapangan tanpa revisi dan valid; dan (2) berdasarkan uji coba lapangan, LKS dapat dinyatakan efektif. Hal tersebut berdasarkan: (i) persentase ketuntasan klasikal meningkat yaitu89,66 %, dari 29 siswa yang mengikuti tes; (ii) ketercapaian tujuan pembelajaran (TPK) tercapai; (iii) respon siswa positif; dan (iv) presentase waktu belajar efektif. Tingkat keefektifan LKS berbasis proyek dalam meningkatkan hasil belajar siswa berdasarkan gain score adalah sedang.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilaban, Ramlan196006181987031002
Thesis advisorHarahap, Fauziyah196607281991032002
Call Number: 372.35 Sim p
Keywords: Lembar kerja siswa; Proyek; Hasil belajar; Sifat-sifat cahaya dan pemanfaatannya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 20 Sep 2016 03:49
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19639

Actions (login required)

View Item View Item