ANALISIS MISKONSEPSI PADA BUKU AJAR BIOLOGI SMA KELAS XII DI SMA NEGERI SE-KOTA BINJAI

Agustina, Renny (2016) ANALISIS MISKONSEPSI PADA BUKU AJAR BIOLOGI SMA KELAS XII DI SMA NEGERI SE-KOTA BINJAI. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM . 8146174036 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM . 8146174036 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM . 8146174036 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM . 8146174036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM . 8146174036 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM . 8146174036 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM . 8146174036 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM . 8146174036 PREFACE.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM . 8146174036 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM . 8146174036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM . 8146174036 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM . 8146174036 TABLES.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM . 8146174036 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM . 8146174036 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM . 8146174036 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM . 8146174036 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM . 8146174036 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM . 8146174036 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM . 8146174036 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM . 8146174036 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM . 8146174036 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM . 8146174036 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (354kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih banyak di temukannya masalah konseptual yang menyebabkan miskonsepsi dalam buku ajar biologi sedangkan guru terlalu mengandalkan buku ajar dalam pembelajaran dikelas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi pada buku ajar Biologi SMA Kelas XII yang wajib digunakan oleh siswa SMAN kelas XII di kota Binjai khususnya pada pokok bahasan (pertumbuhan dan perkembangan, metabolisme, hereditas, evolusi, dan bioteknologi) serta untuk mengetahui persentase kategori miskonsepsi (misidentifications, overgeneralizations, oversimplification, obsolete concept and term, under generalizations). Metode penelitian ini bersifat deskriptif. Konsep-konsep yang terdapat pada buku ajar dianalisis dengan menggunakan teknik analisis dokumen atau buku ajar berdasarkan kriteria dari setiap kategori miskonsepsi yang terdapat pada instrumen identifikasi miskonsepsi kemudian membandingkannya dengan buku teks asing. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) persentase miskonsepsi untuk pokok bahasan (a) pertumbuhan dan perkembangan (26,09%); (b) metabolisme (26,09%); (c) hereditas (26,09%); (d) evolusi (8,69%); dan (e) bioteknologi (13,04%); (2) persentase kategori miskonsepsi: (a) misidentifications (8,69%); (b) overgeneralizations (17,40%); (c) oversimplifications (69,56%); (d) obsolete concept and term (0,00%); (e) under generalizations (4,35%). Hasil penelitian ini mengimplikasikan bahwa sangat penting untuk menganalisis miskonsepsi buku ajar biologi sehingga dapat menjadi salah satu acuan untuk menyusun buku ajar yang baik dengan menghilangkan masalah-masalah konseptual yang diteliti untuk terciptanya peningkatan mutu pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 570.071 2 Agu a
Keywords: Miskonsepsi; Buku ajar; Biologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LT Textbooks
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 14 Sep 2016 08:05
Last Modified: 14 Sep 2016 08:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19544

Actions (login required)

View Item
View Item