ANALISIS BUKU AJAR BAHASA DAN SASTRA INDONESIA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) KELAS XII KURIKULUM 2013

Asyiah, Sarah Nur (2016) ANALISIS BUKU AJAR BAHASA DAN SASTRA INDONESIA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) KELAS XII KURIKULUM 2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01 NIM 2123111074 COVER.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02 NIM 2123111074 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03 NIM 2123111074 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04 NIM 2123111074 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05 NIM 2123111074 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06 NIM 2123111074 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07 NIM 2123111074 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08 NIM 2123111074 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09 NIM 2123111074 BAB I.pdf - Published Version

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM 2123111074 BAB V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM 2123111074 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian buku teks Bahasa Indonesia kelas XII berdasarkan penilaian buku teks menurut sepuluh kriteria penilaian oleh Greene dan Petty yang telah dimodifikasi menjadi sebelas kriteria penilaian. Objek penelitian ini adalah buku teks pelajaran Bahasa Indonesia kelas XII Kurikulum 2013. Instrumen penelitian ini ialah lembar penilaian buku teks menurut sepuluh kriteria penilaian oleh Greene dan Petty yang telah dimodifikasi menjadi sebelas kriteria penilaian. Buku yang dianalisis adalah buku ajar pelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas XII karya Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan penerbit Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tahun 2015. Buku ajar Bahasa Indonesia ini jika dilihat dari buku guru maupun buku siswa sudah baik dan layak untuk digunakan. Dalam buku guru berisi langkah-langkah yang harus dilakukan guru dalam proses pembelajaran yang bermanfaat sebagai pedoman guru dalam aktifitas belajar mengajar. Sementara dalam buku siswa terdapat pembahasan materi dan pelatihan kompetensi. Buku ini layak digunakan berdasarkan penilaian data yang diteliti dari beberapa subkomponen yakni, sudut pandang (point of view), kejelasan konsep, relevan dengan kurikulum, menarik minat, menumbuhkan motivasi, menstimulasi aktivitas siswa, ilustratif, mudah dipahami, menunjang mata pelajaran lain, menghargai perbedaan individu dan memantapkan nilai-nilai. Seluruh subkomponen menghasilkan hasil penilain yang baik terhadap buku teks Bahasa Indonesia Kelas XII Kurikulim 2013. Dengan begitu buku ajar ini layak digunakan guru dan peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSigalingging, H195110311981031001
Call Number: SK-2016 IND 086
Keywords: Kurikulum 2013; Kriteria Penilaian ;Greene Dan Petty.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Sep 2016 02:11
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19520

Actions (login required)

View Item View Item