KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA WALL CHART DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PEGAGAN HILIR TAHUN PEMBELAJARAN 2015/ 2016

Yanty, Nova (2016) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA WALL CHART DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PEGAGAN HILIR TAHUN PEMBELAJARAN 2015/ 2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 2123111053_COVER.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 2123111053_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 2123111053_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 2123111053_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 2123111053_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 2123111053_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 2123111053_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 2123111053_BAB I.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 2123111053_BAB V.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 2123111053_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan: (1) perbedaan kemampuan menulis karangan argumentasi antara kelompok yang diberi pembelajaran dengan menggunakan media wall chart dan kelompok yang diberi pembelajaran tanpa menggunakan media wall chart, (2) keefektifan penggunaan media wall chart dalam pembelajaran menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pegagan Hilir. Data kemampuan menulis karangan argumentasi dijaring dengan menggunakan metode tes, yaitu berupa esai menulis karangan argumentasi. Desain penelitian yang digunakan adalah Control Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Kelas X-1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelompok kontrol dengan jumlah masing-masing kelas terdiri dari 32 siswa. Berdasarkan data penelitian, nilai ratarata posttest pada kelas kontrol sebesar 71,4 dan nilai rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 80. Peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan penggunaan media wall chart sebesar 8,6. Kemudian pengujian hipotesis membuktikan bahwa thitung > ttabel (53,75 > 1,84). Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran menulis karangan argumentasi dengan menggunakan media wall chart lebih efektif daripada pembelajaran menulis karangan argumentasi secara konvensional. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media wall chart dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pegagan hilir tahun pembelajaran 2015/2016

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPulungan, Hendra Kurnia197707172006041001
Call Number: SK-2016 IND 135
Keywords: Media Wall Chart; Kemampuan Menulis; Karangan Argumentasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 13 Sep 2016 09:48
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19510

Actions (login required)

View Item View Item