ANALISIS BAHAN AJAR DALAM BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS VIII

Rahmadani, Ayu (2016) ANALISIS BAHAN AJAR DALAM BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS VIII. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01 NIM 2123311009 COVER.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02 NIM 2123311009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
03 NIM 2123311009 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04 NIM 2123311009 PREFACE.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05 NIM 2123311009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06 NIM 2123311009 TABLES.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07 NIM 2123311009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08 NIM 2123311009 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12 NIM 2123311009 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM 2123311009 BIBLIOGRAFHY.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relevansi, konsistensi, dan kecukupan isi buku ajar Bahasa Indonesia kelas VIII dengan kurikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013 yang dilihat dari kompetensi inti dan kompetensi dasar yang ada pada kurikulum Bahasa Indonesia. Objek penelitian ini adalah buku teks pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII. Instrumen penelitian ini ialah lembar penilaian kesesuaian isi buku dengan kurikulum. Buku yang dianalisis adalah buku teks pelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas VIII karya Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan penerbit Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2014 (edisi revisi). Buku teks Bahasa Indonesia ini jika dilihat dari buku guru maupun buku siswa sudah baik dan layak unttuk digunakan. Buku ini relevan dengan kurikulum yang berlaku. Dikatakan relevan karena dari indikator yang dinalisis, buku ini sudah menyajikannya dengan baik yang mana terdapat keberagaman nilai dan materinya mutakhir. Secara keseluruhan terdapat 40 KD. 15 KD (47,5%) relevan, 18 KD sangat relevan (37,5%) dan 6 KD tidak relevan (15%). Berdasarkan konsistensinya, buku ini sudah konsisten. Indikator yang termasuk dalam prinsip konsistensi sebahagian besar sudah dijabarkan dalam buku ini dengan sangat baik. Terdapat 17 KD (42,5%) konsisten, 13 KD (32,5%) sangat konsisten, dan 10 KD (25%) tidak konsisten. prinsip kecukupan terdapat 22 KD (55%) cukup, 18 KD (45%) sangat cukup dan 0 KD (0%) tidak cukup. Dengan begitu buku teks ini layak digunakan guru dan peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSurif, Muhammad198008102008011010
Call Number: sk-2016 IND 062
Keywords: Bahasa Indonesia; Prinsip Relevansi; Konsistensi;Kecukupan.
Subjects: N Fine Arts > NB Sculpture > NB1120 Study and teaching
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 13 Sep 2016 04:53
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19481

Actions (login required)

View Item View Item