PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA DAN SELF-REGULATED LEARNING MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED DI SMP NEGERI 3 PADANGSIDIMPUAN

Suryatis, Hafni (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA DAN SELF-REGULATED LEARNING MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED DI SMP NEGERI 3 PADANGSIDIMPUAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan open-ended lebih tinggi daripada pembelajaran dengan pendekatan ekspositori; 2) peningkatan self-regulated learning siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan open-ended lebih tinggi daripada pembelajaran dengan pendekatan ekspositori; 3) interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa; 4) interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap self-regulated learning siswa; 5) keragaman jawaban siswa dalam menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah matematik pada masing-masing pembelajaran. Jenis penelitian ini quasi eksperiment. Populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Padangsidimpuan. Sampel menggunakan random sampling terdiri dari kelas VII-1 diberi pendekatan open-ended dan kelas VIII-4 diberi pendekatan ekspositori. Instrumen penelitian yaitu tes kemampuan pemecahan masalah matematik dan angket self-regulated learning. Analisis data menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajarkan dengan pendekatan open-ended dengan siswa yang diajarkan dengan pendekatan ekspositori, dengan nilai signifikan sebesar 0,010 < 0,05; 2) terdapat peningkatan self-regulated learning siswa yang diajarkan dengan pendekatan open-ended dengan siswa yang diajarkan dengan pendekatan ekspositori,dengan nilai signifikan sebesar 0,022 < 0,05; 3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa, dengan nilai signifikan sebesar 0,425 > 0,05; 4) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap self-regulated learning siswa, dengan nilai signifikan sebesar 0,632 > 0,05; 5) proses penyelesaian jawaban siswa yang diajarkan pendekatan open-ended lebih bervariasi dibandingkan dengan siswa yang diajarkan pendekatan ekspositori.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAsmin, 195708041985031002
Thesis advisorFauzi, M. Amin196406291993031001
Call Number: 510.071 Sur p
Keywords: Kemampuan pemecahan masalah matematik; Self-regulated learning; Pendekatan open-ended
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LT Textbooks
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 07 Sep 2016 03:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19369

Actions (login required)

View Item View Item