PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DANKEWARGANEGARAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWADI SMK SWASTA KARYA SERDANG 1 LUBUK PAKAM TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016

Hasibuan, Toivah Rahma Linda (2016) PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DANKEWARGANEGARAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWADI SMK SWASTA KARYA SERDANG 1 LUBUK PAKAM TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 3121111008 COVER.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 3121111008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 3121111008 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 3121111008 PREFACE.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 3121111008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 3121111008 TABLES.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 3121111008 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 3121111008 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 3121111008 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 3121111008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru mata pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan dalam membentuk karakter siswa di SMK Swasta Karya Serdang 1 Lubuk Pakam tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan teknik metode penelitian deskriptif kuantitatif.Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan angket (questioner) berjumlah 20 soal yang diisi oleh responden (sampel). Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa, namun karena kelas XII sudah Tamat, sehingga peneliti mengambil populasi dari kelas X dan XI di SMK Swasta Karya Serdang 1 Lubuk Pakam sebanyak 251 orang dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 orang dengan mengambil 20 % dari jumlah populasi dengan menggunakan acak sederhana (Random Sampling). Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan tabel frekuensi. Dari hasil penelitian terhadap siswa kelas X dan XI, peran guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Membentuk Karakter Siswa yaitu usaha yang dilakukan guru dalam pembentukan karakter siswa sesuai dengan nilai-nilai karakter serta pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari, memberikan contoh dan sikap yang dapat ditiru dan digugu oleh siswa, serta mengarahkan siswa agar memiliki karakter yang baik. Pentingnya pendidikan kewargangeraan dalam membentuk karakter siswa dilihat dari usaha-usaha yang dilakukan guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan yaitu menanamkan karakterreligius,jujur, toleransi, memberikan nasehat agar siswa selalu disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis,dan memiliki rasa ingin tahu,selalu berusaha menumbuhkan semangat kebangsaan, cinta tanah air siswa, mengajarkan siswa untuk lebih menghargai pretasi, bersahabat/komunikif, cinta damai, selalu memberikan moivasi agar selalu gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiregar, Rosnah195605101980032004
Call Number: SK-2016 PKn 033
Keywords: Peran Guru; Pendidikan; Karakter
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB2165 Teacher training in universities and colleges
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 06 Sep 2016 08:53
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19346

Actions (login required)

View Item View Item