HUBUNGAN PENGUASAAN TEORI SERVIS SISTEM BAHAN BAKAR DAN PRESTASI BELAJAR DENGAN PRESTASI PRAKTEK PEMELIHARAAN ENJIN PADA SISWA KELAS XII TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK SW TELADAN SUMATERA UTARA 2

Siregar, Daniel B Marudut (2014) HUBUNGAN PENGUASAAN TEORI SERVIS SISTEM BAHAN BAKAR DAN PRESTASI BELAJAR DENGAN PRESTASI PRAKTEK PEMELIHARAAN ENJIN PADA SISWA KELAS XII TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK SW TELADAN SUMATERA UTARA 2. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
cover.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan positif dan keberartian antara penguasaan teori servis sistem bahan bakar dan prestasi belajar dengan prestasi praktek pemeliharaan enjin pada siswa kelas XII teknik kendaraan ringan SMK SW Teladan Sumatera Utara 2 dengan jumlah populasi 57 orang dan sampel 50 orang yang ditentukan lewat interolasi pada tabel kritjie morgan. Data penelitian ini dijaring dengan menggunakan dokumentasi untuk ubahan penguasaan teori servis sistem bahan bakar (X1), prestasi belajar (X2) dengan instrument angket dan dengan menggunakan instrumen tes pengamatan untuk ubahan prestasi praktek pemeliharaan enjin (Y). Berdasarkan uji coba instrumen pada 50 orang siswa dengan 30 butir soal angket diketahui 25 soal pada disiplin belajar siswa yang valid pada taraf signifikansi 5% dan memiliki reliabilitas yang sangat tinggi 0,905 pada taraf signifikansi 5%,. Hasil uji normalitas data masing-masing variabel penelitian dapat disimpulkan adalah berdistribusi normal berdasarkan chi-kwadrat. Hasil uji hipotesis berdasarkan koefisien product momen yaitu penguasaan teori servis sistem bahan bakar (X1) dengan prestasi praktek pemeliharaan enjin (Y) diperoleh rhitung sebesar 11,23 dan rtabel 12,592, dengan demikian rhitung < rtabel yaitu 11,23 >12,592 maka disimpulkan terdapat hubungan yang positif antara X1 dan Y. Untuk disiplin belajar (X2) dengan prestasi praktek pemeliharaan enjin (Y) diperoleh rhitung sebesar 11,40 dan rtabel 12,592, dengan demikian rhitung < rtabel yaitu 11,40 <12,592. Hasil uji masing-masing variabel penelitian dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi Y atas X1adalah Y = 60,1 + 0.254 X1 mempunyai hubungan yang linier dan berarti pada taraf signifikan 5% dan Persamaan regresi Y atas X2 adalah Y = Y = 59,57 + 0,251X2 mempunyai hubungan yang linier dan berarti pada taraf signifikan 5%. Dan persamaan regresi multiple Y = 48,67+ 0,199 X1 + 0,197 X2 terdapat hubungan positif dan keberartian penguasaan teori servis sistem bahan bakar dan prestasi belajar dengan prestasi praktek pemeliharaan enjin pada siswa kelas XII teknik kendaraan ringan SMK SW Teladan Sumatera Utara 2 pada taraf signifikasi 5%. Implikasi dari temuan di atas adalah bahwa untuk meningkatkan prestasi praktek mata pelajaran pemeliharaan enjin, perlu ditingkatkan penguasaan teori dari mata pelajaran servis sistem bahan bakar dan ditingkatkannya disiplin belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBanjarnahor, Manintin195311151983031003
Call Number: 625.253 807 19 Sir h
Keywords: Sistem Bahan Bakar; Disiplin Belajar; Praktek Pemeliharaan Enjin
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Tessa Simahate
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19232

Actions (login required)

View Item View Item