PERBEDAAN HASIL BELAJAR LAYANAN MAKANAN DAN MINUMAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA SISWA SMK NEGERI 1 PANTAI CERMIN

Ginting, Nurainun Br (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR LAYANAN MAKANAN DAN MINUMAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA SISWA SMK NEGERI 1 PANTAI CERMIN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5103342022 COVER.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5103342022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5103342022 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5103342022 PREFACE.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5103342022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5103342022 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5103342022 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5103342022 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 5103342022 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5103342022 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 5103342022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memperoleh gambaran tentang peningkatan hasil belajar siswa dan (2) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar layanan makanan dan minuman antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching And Learning) dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran picture and picture. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Akomodasi perhotelan SMK Negeri 1 Pantai Cermin dengan jumlah siswa seluruhnya adalah 60 siswa, yang terdiri dari 2 kelas yakni kelas XII Akomodasi Perhotelan 1 disebut kelas kelompok I sebanyak 30 siswa dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching And Learning/CTL) dan kelas XII Akomodasi Perhotelan2 disebut kelas kelompok II sebanyak 30 siswa dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Berdasarkan hasil analisis uji persyaratan data, baik data hasil belajar siswa pada kelas kelompok I maupun kelas kelompok II dinyatakan berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam (homogen). Sementara berdasarkan hasil analisis data penelitian, terlihat adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas kelompok I dengan kelas kelompok II, dimana skor rata-rata pada kelas kelompok I sebesar 78,03 sedangkan skor rata-rata kelas kelompok II adalah sebesar 71,83. Adanya perbedaan hasil belajar tersebut, juga terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayan α =0,05, dimana thitung > ttabel yaitu (2,098 >1,59), yang berarti dalam penelitian hipotesis diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching And Learning) lebih baik daripada model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar siswa di kelas XII SMK Negeri 1 Pantai Cermin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorRahmi, Ana19630218 198903 2 003
Call Number: 641.307 19
Keywords: Hasil Belajar; Layanan; Model Pembelajaran; Pembelajaran Picture And Picture
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Mrs Tessa Simahate
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19206

Actions (login required)

View Item View Item