PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARANCOOPERATIVE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MENGUASAI TEORI DASAR ELEKTRONIKA(MTDE) PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KETENAGALISTRIKAN,KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK SWASTA KARYAA

Sitorus, Subes Norkasa (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARANCOOPERATIVE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MENGUASAI TEORI DASAR ELEKTRONIKA(MTDE) PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KETENAGALISTRIKAN,KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK SWASTA KARYAA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (974kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTARK.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajarMenguasai Teori Dasar Elektronika (MTDE) siswa Kelas X Program KeahlianTeknik Ketenagalistrikan, Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga ListrikDi SMK Swasta Karya Agung, Riau yang diajar dengan menggunakan strategipembelajaran cooperative learning tipe STAD dengan hasil belajar siswa yangdiajar dengan menggunakan strategi pembelajaran cooperative learning tipeTeams Games Tournament (TGT). Sampel penelitian adalah sebanyak 50 orangyang terdiri dari 24 orang siswa yang diajar dengan menggunak:an strategipembelajaran cooperative learning tipe STAD dan 26 orang siswa yang diajardengan menggunakan strategi pembelajaran cooperative learning tipe TeamsGames Tournament (TGT). Data penelitian dijaring dengan menggunakan tesberupa tes pilihan berganda yang terdiri dari 35 soal yang sebelumnyadiujicobakan terlebih dahulu untuk mengetahui validitas, reliabitas, tingkatkesukaran dan daya pembeda soal.Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh thitung = 2.939, dan harga ttabetdengan dk = 48 dan taraf signifikansi a= 5% adalah 2.000. Dengan Jernikianthitun& > ttabel· Maka dapat disimpulkan bahwa Ho yang menyatakan tidak adaperbedaan hasil belajar Menguasai Teori Dasar Elektronika (MTDE) siswa yangdiajar dengan menggunakan strategi pembelajaran cooperative learning tipeSTAD dengan hasil belajar siswa Menguasai Teori Dasar Elektronika (MTDE)yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran cooperative learning tipeTeams Games Tournament (TGT) dapat ditolak dan hipotesis Ha yang menyatakanada perbedaan hasil belajar Menguasai Teori Dasar Elektronika (MTDE) siswayang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran cooperative learning tipeSTAD dengan basil belajar siswa Menguasai Teori Dasar Elektronika (MTDE)yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran cooperative learning tipeTeams Games Tournament (TGT) diterima dan teruji kebenarannya pada tarafsignift.kansi a = 5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisor-, Surbakti195810201999031002
Call Number: 621.381 071 9 Sit p
Keywords: Hasil Belajar; Teori Dasar Elektronika (MTDE); Strategi Pembelajaran; STAD; TGT
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Tessa Simahate
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19163

Actions (login required)

View Item View Item