HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENJELASKAN PROSES DASAR PENGELASAN KELAS XI TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 5 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Indra, Khairul (2014) HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENJELASKAN PROSES DASAR PENGELASAN KELAS XI TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 5 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (629kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. Bab V.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan minat belajar dan disiplin belajar dengan hasil belajar kompetensi dasar menjelaskan proses dasar pengelasan baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. Kemudian untuk mengetahui tingkat kecenderungan minat belajar, disiplin belajar, dan hasil belajar kompetensi dasar menjelaskan proses dasar pengelasan. Metode penelitian ini bersifat deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah 72 orang siswa kelas XI Teknik Pemesinan. Jumlah sampel ditentukan dengan berdasarkan tabel Krejcie dan Morgan, yaitu sebanyak 60 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan proporsional random sampling. Data variabel minat belajar dan disiplin belajar dijaring dengan menggunakan angket sedangkan hasil belajar kompetensi dasar menjelaskan proses dasar pengelasan diambil melalui dokumentasi nilai ujian formatif. Hasil uji coba angket minat belajar dari 30 butir angket yang tidak valid adalah 3 butir jadi untuk menjaring data penelitian digunakan 27 butir angket dengan reliabilitas 0,774 yang termasuk pada kategori tinggi. Begitu juga dengan disiplin belajar dari 30 butir angket yang tidak valid adalah 4 butir jadi untuk menjaring data penelitian digunakan 26 butir angket dengan reliabilitas 0,620 yang termasuk kedalam kategori tinggi juga. Hasil analisis korelasi antara variabel menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan berarti antara minat belajar dengan hasil belajar kompetensi dasar menjelaskan proses dasar pengelasan dengan koefisien korelasi rx1y sebesar 0,332. Begitu juga dengan korelasi antara variabel disiplin belajar dengan hasil belajar kompetensi dasar menjelaskan proses dasar pengelasan menunjukkan korelasi yang berarti dengan koefisien korelasi rx2y sebesar 0,288 dimana pada taraf signifikansi 5% untuk jumlah responden sebanyak 60 orang, rtabel = 0,254. Hasil uji hipotesis korelasi parsial menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara variabel minat belajar dengan hasil belajar kompetensi dasar menjelaskan proses dasar pengelasan ry1,2 sebesar 0,278, dimana harga thitung = 2,361 dan ttabel 1, 671 pada taraf signifikansi 5%. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara variabel disiplin belajar dengan hasil belajar kompetensi dasar menjelaskan proses dasar pengelasan ry2,1 sebesar 0,258, dimana harga thitung = 2,684 dan ttabel = 1,671 pada taraf signifikansi 5%. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan berarti antara minat belajar dan disiplin belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar kompetensi dasar menjelaskan proses dasar pengelasan dengan koefisien korelasi R sebesar 0,392 sementara itu diperoleh koefisien korelasi determinasi R2 sebesar 0,154 yang berarti bahwa 15,4% hasil belajar kompetensi dasar menjelaskan proses dasar pengelasan dapat dipengaruhi oleh minat belajar dan disiplin belajarKata kunci : Minat Belajar, Disiplin Belajar dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMudjisusatyo, Yuniarto196506041990031004
Call Number: 671.520 719 Ind h
Keywords: Hasil Belajar; kompetensi Dasar; Dasar Pengelasan; Minat Belajar; Disiplin Belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Tessa Simahate
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19146

Actions (login required)

View Item View Item