PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENYUSUN RENCANA ANGGARAN BIAYA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 1 BALIGE

Siahaan, Rizaldi (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENYUSUN RENCANA ANGGARAN BIAYA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 1 BALIGE. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN DAN PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar menyusun rencana anggaran biaya siswa Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar menyusun rencana anggaran biaya siswa dalam proses pembelajaranJenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas PTK yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Balige Subjek penelitian adalah siswa kelas XI program keahlian teknik konstruksi batu dan beton berjumlah 20 orang Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan lembar observasi aktivitas siswa untuk melihat aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung.Dari data hasil observasi terhadap aktivitas siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II Pada siklus I diperoleh 11 siswa untuk kategori tidak kompeten 8 siswa untuk kategori cukup kompeten dan 1 siswa untuk kategori kompeten Sedangkan pada siklus II diperoleh 8 siswa untuk kategori cukup kompeten 10 siswa untuk kategori kompeten dan 2 siswa untuk kategori sangat kompeten Untuk nilai rata-rata aktitas belajar siswa pada siklus I yaitu 68 meningkat menjadi 82 pada siklus II Selanjutnya dari data nilai hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh 16 siswa untuk kategori tidak kompeten dan 4 siswa untuk kategori kompeten. Sedangkan pada siklus II diperoleh 16 siswa untuk kategori kompeten dan 4 siswa untuk kategori sangat kompeten Untuk nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I yaitu 70 meningkat menjadi 85 pada siklus II.Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar menyusun rencana anggaran biaya siswa kels XI program keahlian teknik konstruksi batu dan beton SMK Negeri 1 Balige meningkatkan hasil belajar menyusun rencana anggaran biaya siswa kels XI program keahlian teknik konstruksi batu dan beton SMK Negeri 1 Balige

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis, Asri195712121982031002
Call Number: 692 5071 9 sia p
Keywords: Aktivitas belajar; Mrab; Hasil belajar; Model pembelajaran kooperatif; Tipe Stad
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Tessa Simahate
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19141

Actions (login required)

View Item View Item