PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RODA DAN BAN PADA SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK SWASTA TELADAN MEDAN T.P 2013/2014

Utomo, Fandi Rizki (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RODA DAN BAN PADA SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK SWASTA TELADAN MEDAN T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. SURAT PERNYATAAN TIDAK PLAGIAT.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran roda dan ban pada kompetensi dasar mengidentifikasi konstruksi roda dan ban dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning di kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Swasta Teladan Medan T.P 2013/2014.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), subjek dalampenelitian ini siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan I SMK Swasta TeladanMedan tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 40 orang siswa. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama 3 siklus, dimana setiap siklus dilakukan satu kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan lembar observasi. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa 70,75 dengan ketuntasan belajar siswa sebanyak 22 orang (55%) sedangkan hasil observasi aktivitas siswa diperoleh rata-rata 55,83% tergolong rendah. Pada siklus II diperoleh nilai ratarata siswa 79,5 dengan ketuntasan belajar sebanyak 28 orang (70%) sedangkan hasil observasi aktivitas siswa diperoleh rata-rata 70,8% tergolong dalam kategorisedang. Pada siklus III diperoleh nilai rata-rata siswa 89 dengan ketuntasan belajar sebanyak 36 orang (90%) yang telah tuntas dan 4 orang (10%) masih belum tuntas, sedangkan hasil observasi aktivitas siswa diperoleh rata-rata 82,9% tergolong tinggi. Disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran ProblemBased Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran roda dan ban pokok bahasan mengidentifikasi roda dan ban dari tindakan pada siklus I rataratahasil belajar 70,75 kemudian dilakukan tindakan pada siklus II rata-rata hasil belajar 79,5 sedangkan pada siklus III rata-rata hasil belajar 89

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisor-, Muslim19650916 199103 1 001
Call Number: 629.248 01 9 Uto p
Keywords: Hasil belajar; Aktivitas siswa; Metode pembelajaran; Problem based learning (PBL); Roda dan ban
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Tessa Simahate
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19128

Actions (login required)

View Item View Item