PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MENGGERINDA PAHAT DAN ALAT POTONG UNTUK SISWA KELAS XI TEKNIK PEMESINAN SMKN 2 MEDAN

Parira, Akfadita Dika (2014) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MENGGERINDA PAHAT DAN ALAT POTONG UNTUK SISWA KELAS XI TEKNIK PEMESINAN SMKN 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR REFERENSI.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Tujuan penelitian ini adalah mengembangakan media video pembelajaran menggerinda pahat dan alat potong untuk siswakelas XI Teknik Pemesinan SMKN 2 Medan, dan mengetahui efektivitas media video pembelajaran menggerinda pahat dan alat potongyang telah dikembangakanuntuk siswakelas XI Teknik Pemesinan SMKN 2 Medan. Model pengembangan yang digunakan adalah pengembangan prosedural modelADDIE yaitu: (1) Analyze, (2) Design, (3) Develop, (4) Implement, (5) Evaluate. Evaluasi media pada tahap Implementasi dilakukan menggunakan desain penelitian eksperimen before-after. Hasil penelitian menunjukkan, penilaian oleh dua Ahli media pembelajaran, media berada pada kualifikasi “Baik” dengan persentase 79%. Penilaian oleh dua Ahli materi, media berada pada kualifikasi “Baik” dengan persentase 84%. Penilaian oleh dua Guru teknik pemesinan, media berada pada kualifikasi “Sangat Baik” dengan persentase 88%. Rata-rata hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media video pembelajaran sebesar 74,33 dan 84,77 pada kompetensi menggerinda pahat bubut rata kanan. Kemudian pada kompetensi menggerinda mata bor rata-rata hasil belajar siswa sebelum dan sesudah adalah 71,5 dan 82,88. Dengan demikian media video pembelajaran menggerinda pahat dan alat potong yang dikembangkan efektif, dan signifikan dengan α=0.05, dk=17, thitung= -10,05 dan ttabel= 2,10 pada hasil belajar siswa menggerinda pahat rata kanan, kemudian α=0.05, dk=17,thitung= -11,20 dan ttabel= 2,10 pada hasil belajar siswa menggerinda mata bor.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisor-, Mursid196607111991031003
Call Number: 621.930 719 Par p
Keywords: Kompetensi; Menggerinda pahat; Alat potong; Media pembelajaran; Media video; Strategi pembelajaran.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Tessa Simahate
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19125

Actions (login required)

View Item View Item