HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN DENGAN HASIL BELAJAR MATA DIKLAT LAS BUSUR MANUAL PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PENGELASAN DI SMK NEGERI 4 MEDAN T.P. 2013/2014.

Silalahi, Jastima Bakti (2014) HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN DENGAN HASIL BELAJAR MATA DIKLAT LAS BUSUR MANUAL PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PENGELASAN DI SMK NEGERI 4 MEDAN T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER DAN HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (608kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK DAN ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya hubungan kemandirian belajar dan pengetahuan kewirausahaan dengan hasil belajar mata diklat las busur manual dan sekaligus untuk mengetahui tingkat kecenderungan kemandirian belajar, pengetahuan kewirausahaan, dan hasil belajar mata diklat las busur manual. Metode penelitian ini bersifat deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Pengelasan SMK Negeri 4 yang berjumlah 43 orang yang menurut tabel Krejcie dan Morgan pada taraf signifikan 5%, ditetapkan sampel penelitian dengan interpolasi menjadi 38 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan proporsional random sampling.Data variabel kemandirian belajar dijaring dengan menggunakan angket, pengetahuan kewirausahan dijaring dengan tes objektif sedangkan hasil belajar mata diklat las busur manual dijaring melalui nilai dokumentasi. Hasil uji coba angket kemandirian belajar dari 35 butir angket yang tidak valid adalah 5 butir jadi untuk menjaring data penelitian digunakan 30 butir angket dengan reliabilitas 0,882 yang tergolong pada kategori sangat tinggi. Begitu juga dengan pengetahuan kewirausahaan dari 35 butir tes objektif yang tidak valid adalah 5 butir jadi untuk menjaring data penelitian digunakan 30 butir tes objektif dengan reliabilitas 0,929 yang termasuk ke dalam kategori sangat tinggi.Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara kemandirian belajar dengan hasil belajar mata diklat las busur manual ry1.2 sebesar 0,715, dimana harga ttabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,320. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara pengetahuan kewirausahaan dengan hasil belajar mata diklat las busur manual ry2.1 sebesar 0,566, dimana harga ttabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,320. Hasil analisis regresi ganda menunjukkan bahwa terdapat hubungan linier yang berarti antara kemandirian belajar dan pengetahuan kewirausahaan secara bersama-sama dengan hasil belajar mata diklat las busur manual dengan koefisien korelasi R sebesar 0,851 sementara itu diperoleh koefisien korelasi determinasi R2 sebesar 0,724 yang berarti bahwa 72,4% hasil belajar mata diklat las busur manual dipengaruhi oleh kemandirian belajar dan pengetahuan kewirausahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Call Number: 621.977 071 9 Sil h
Keywords: Kemandirian; Belajar; Pengetahuan; Kewirausahaan; Hasil Belajar; Diklat Las Busur Manual
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19092

Actions (login required)

View Item View Item