MODIFIKASI SISTEM SUSPENSI BELAKANG TIPE INDEPENDENT MOBIL SUZUKI GRAND ESCUDO 2.0

Priatma, Bagus (2013) MODIFIKASI SISTEM SUSPENSI BELAKANG TIPE INDEPENDENT MOBIL SUZUKI GRAND ESCUDO 2.0. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
COVER 508222008.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN 508222008.pdf - Published Version

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR 508222008.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI 508222008.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL 508222008.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR 508222008.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I 508222008.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V 508222008.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA 508222008.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview

Abstract

Modifikasi ini dilatar belakangi hasil pengamatan penulis mengenai tuntutan para pengendara yang menginginkan kenyamanan yang tinggi serta ukuran massa dan dimensi mobil Suzuki escudo 2.0 yang termasuk dalam kategori kecil, maka akan lebih bagus apabila suspensi bagian belakangnya menggunakan suspensi tipe independen. Tujuan yang ingin dicapai dari hasil perencanaan ini adalah untuk meningkatkan kenyamanan para pengendara mobil Grand Suzuki Escudo 2.0, serta dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang jenis-jenis sistem suspensi serta proses perancangannya dalam meningkatkan kenyamanan dalam berkendara. Dari hasil perencanaan ini dapat dapat disimpulkan ukuran dan bahan yang digunakan dalam perencanaan komponen sistem suspensi belakang mobil Suzuki Grand escudo 2.0 ini, antara lain sebagai berikut:1. Peredam kejut (shock absorber) jenis double action shock system dengan suspension travel antara 7 – 9 in.Komponen Shock absorber:a. PegasBahan = Baja SUP 6Diameter rata-rata pegas (D) = 64 mmDiameter kawat (d) = 8 mmJumlah lilitan (N) = 12Jumlah lilitan aktif (n) = 10Panjang pegas sebelum dibebani (Lo) = 335,2 mmPanjang pegas sewaktu dibebani (L1) = 124 mm Momen tahanan puntir kawat adalah (Ww) = 102,4 mm3Momen puntir (T) = 10560 kgmmTegangan geser kawat (τ) = 330 kg/mm2Tegangan maksimum di permukaan lilitan (τa) = 124,01 kg/mm2Lendutan pegas (δ) = 211,2 mmb. PorosBahan = Baja S30CDiameter poros (d) = 4 mmPanjang poros (L) = 40 mm2. StabilizerBahan = Baja St 70Panjang lengan (L) = 250 mmDiameter (D) = 21,6 mmJarak ujung (ls) = 670 mmJarak pergeseran lengan (δ) = 14 mmKekakuan torsi ( Kts) = 549,53 Nm/radKekakuan rolling (KRS) = 3945,65 Nm/rad3. Pegas Spiral (Coil Spring)Bahan = Baja St 70Diameter rata-rata pegas (D) = 96 mmDiameter kawat (d) = 12 mmJumlah lilitan (N) = 8Jumlah lilitan aktif (n) = 6Panjang pegas sebelum dibebani (Lo) = 257,43 mmPanjang pegas sewaktu dibebani (L1) = 176 mm Momen tahanan puntir kawat adalah (Ww) = 345,6 mm3Momen puntir (T) = 15840kgmmTegangan geser kawat (τ) = 147 kg/mm2Tegangan maksimum di permukaan lilitan (τa) = 55,12 kg/mm2Lendutan pegas (δ) = 81,43 mm4. Member Suspensi Belakang (Crossmember)Bahan = Baja SC 37Panjang keseluruhan (P) = 1.100 mmLebar (L) = 40 mmTinggi (t) = 40 mmTegangan (σ) = 80263,64 PaRegangan (ε) = 40,13 × 10-85. Lengan Suspensi Belakang (Trailing Arm)Bahan = Baja SC 37Jarak kedua ujung lengan (ls) = 180 mmTebal lengan (hl) = 40 mmTebal bagian dudukan pegas (h) = 50 mmDiameter dudukan pegas = 120 mmPanjang lengan sisi dalam (ps1) = 230 mmPanjang lengan sisi luar (ps2) = 200 mmLebar lengan sisi dalam (ls1) = 60 mmLebar lengan sisi luar (ls2) = 60 mmTegangan lengan suspensi sisi dalam (σs1) = 252257,14 PaTegangan lengan suspensi sisi luar (σs2) = 294300 PaRegangan lengan suspensi sisi dalam (εs1) = 126,13× 10-8Regangan lengan suspensi sisi luar (εs2) = 147,15 × 10-8

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorBahar, Andi196711101993031004
Call Number: 621.815 Pri m
Keywords: Suspensi; Rigid Axle; Trailing Arm; Link; Pegas Koil; Pegas Daun; Pegas Batang Torsi; Shock Absoder
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ241 Machine construction (General)
Divisions: Fakultas Teknik > D3 Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18825

Actions (login required)

View Item View Item