PERBEDAAN HASIL BELAJAR ILMU STATIKA DAN TEGANGAN ANTARA SISWA YANG DIAJAR DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PROBLEM-BASED LEARNING) DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI PADA SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK

Gurning, Baginda (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR ILMU STATIKA DAN TEGANGAN ANTARA SISWA YANG DIAJAR DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PROBLEM-BASED LEARNING) DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI PADA SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
508121018 COVER.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508121018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508121018 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508121018 DAFTAR_ISI.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508121018 BAB I.pdf - Published Version

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508121018 Bab V.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508121018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar Ilmu Statika dan Tegangan siswa yang diajar dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning) lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar Ilmu Statika dan Tegangan siswa yang diajar dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Ekspositori. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Negeri 1 Merdeka Berastagi yang berjumlah 3 kelas dan setiap kelas terdiri dari 36 orang siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Random Sampling. Dengan teknik tersebut maka diambil 2 kelas sebagai sampel penelitian yaitu Kelas X TKR1 dengan jumlah siswa 36 orang dan Kelas X TKR 3 dengan jumlah siswa 36 orang, maka jumlah seluruh sampel penelitian adalah 72 orang. Data penelitian dikumpul dengan menggunakan tes hasil belajar Ilmu Statika dan Tegangan, dianalisis dengan uji kesamaan dua rata-rata dengan uji t satu pihak pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil belajar Ilmu Statika dan Tegangan kelompok siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Problem Based Learning memiliki rata-rata skor sebesar 17,14 dengan kecenderungan belajar tinggi dan hasil belajar Ilmu Statika dan Tegangan kelompok siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Ekspositori memiliki rata-rata skor sebesar 14,89 dengan kecenderungan belajar cukup. Hasil uji persyaratan analisis menunjukkan bahwa sebaran data hasil belajar Ilmu Statika dan Tegangan siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Problem Based Learning berasal dari populasi yang berdistribusi Normal dimana LHitung 0,1144 < Ltabel 0,1477 dan data hasil belajar Ilmu Statika dan Tegangan siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Ekspositori berasal dari populasi yang berdistribusi normal dimana LHitung 0,1331< Ltabel 0,1477 dan kedua varians data adalah Homogen karena FHitung 1,01 < FTabel(35,35) 1,76. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar Ilmu Statika dan Tegangan kelompok siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Ekspositori yang teruji secara statistik dengan nilai tHitung 3,68 > tTabel(0.5-&#945;) 1,69.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSuherman, 195507011983031004
Call Number: 620.107 307 1 Gur p
Keywords: Hasil Belajar; Ilmu Statika; Tegangan; Strategi Pembelajaran; Problem Based Learning; Ekspositori
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ241 Machine construction (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18821

Actions (login required)

View Item View Item