PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR STANDAR KOMPETENSI PENGGUNAAN DAN PEMELIHARAAN ALAT UKUR KELAS X TEKNIK OTOMOTIF SMK HARAPAN STABAT TAHUN AJARAN 2012/2013.

Nugroho, Bagus Setyo (2013) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR STANDAR KOMPETENSI PENGGUNAAN DAN PEMELIHARAAN ALAT UKUR KELAS X TEKNIK OTOMOTIF SMK HARAPAN STABAT TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
081255110002 Cover.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081255110002 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (650kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081255110002 Abstrak.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081255110002 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081255110002 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081255110002 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081255110002 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081255110002 Bab I.pdf - Published Version

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081255110002 Bab V.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081255110002 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui perbedaan hasil belajar standar kompetensi penggunaan dan pemeliharaan alat ukur yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran kontekstual dan konvensional (2) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki minat belajar tinggi yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran kontekstual dengan siswa yang memiliki minat belajar tinggi yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran konvensional (3) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki minat belajar rendah yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran kontekstual dengan siswa yang memiliki minat belajar rendah yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran konvensional (4) Interaksi antara pendekatan pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar standar kompetensi penggunaan dan pemeliharaan alat ukur. Hipotesis dalam penelitian ini adalah (1) Terdapat perbedaan hasil belajar standar kompetensi penggunaan dan pemeliharaan alat ukur yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran kontekstual dan konvensional (2) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki minat belajar tinggi yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran kontekstual dengan siswa yang memiliki minat belajar tinggi yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran konvensional (3) Terdapat perbedaan hasil belajar standar kompetensi penggunaan dan pemeliharaan alat ukur yang memiliki minat belajar rendah yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran kontekstual dengan siswa yang memiliki minat belajar rendah yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran konvensional (4) Terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar standar kompetensi penggunaan dan pemeliharaan alat ukur. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2 dengan populasi penelitian berjumlah 104 orang siswa tingkat X Teknik Otomotif SMK Harapan Stabat, dengan sampel berjumlah 52 orang dari dua kelas yang terpilih dengan teknik cluster random sampling, yang terbagi menjadi kelas kontekstual dan kelas konvensional. Untuk mendapatkan data hasil belajar siswa dilakukan test, yang dilakukan sebanyak dua kali yaitu pretest dan postest. Sebelum test dilakukan uji coba instrument penelitian. Uji coba instrument test penelitian dilakukan dengan menggunakan Koefisien Biserial, diperoleh 3 butir soal tidak valid dan 32 soal valid dengan reliabilitas 0,920 dengan demikian instrument tersebut memiliki reliabilitas tergolong sangat tinggi.Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar penggunaan dan pemeliharaan alat ukur. Hal ini ditunjukan oleh Fhitung = 31.40 ˃ Ftabel = 4.06 pada taraf signifikan α = 5% dengan dk = 1;47, dan terdapat pengaruh antara strategi pembelajaran kontekstual dan minat belajar terhadap hasil belajar penggunaan dan pemeliharaan alat ukur yang ditunjukan oleh Fhitung = 41.93 ˃ Ftabel = 4.06 pada taraf signifikan α = 5% dengan dk = 1;47, serta terdapat interaksi antara strategi pembelajaran kontekstual dan minat belajar terhadap hasil belajar penggunan dan pemeliharaan alat ukur. Hal ini ditunjukan oleh Fhitung = 47.09 ˃ Ftabel = 4.06 pada taraf signifikan α = 5% dengan dk = 1;47

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSaragih, Pudin195411171981031003
Call Number: 621.807 1 Nug p
Keywords: Alat Ukur; Pembelajaran; CTL; Minat Belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ210.2 Mechanical devices and figures. Automata. Ingenious mechanisms. Robots (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18812

Actions (login required)

View Item View Item