PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENERAPKAN DASAR �

Tanjung, Ahmad Fauzi (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENERAPKAN DASAR �. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
508331004 Cover.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508331004 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (718kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508331004 Abstrak.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508331004 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508331004 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508331004 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508331004 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508331004 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508331004 Bab I.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508331004 Bab V.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508331004 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui “Apakah Penerapan ModelPembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division)Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Menerapkan Dasar – Dasar Kelistrikan PadaKelas X Audio Video di SMK Swasta Melati Perbaungan T.A. 2012/2013.”Penelitian ini dilaksanakan dengan metode yang digunakan adalahpenelitian tindakan kelas. Jumlah sampel penelitian adalah sebanyak 21 orang dikelas X AV2. Tindakan yang diberikan adalah pembelajaran dengan menggunakanmodel pembelajaran kooperatif tipe stad (student teams achievement division)sebanyak dua siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitutahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Instrumenyang digunakan adalah tes hasil belajar sebanyak 20 butir. Data diperoleh denganmelakukan tes hasil belajar terhadap siswa setelah melaksanakan tindakan. Tesyang dilakukan adalah sebanyak 2 kali yaitu tes siklusi I dan tes siklus II.Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran pembelajarankooperatif tipe stad (student teams achievement division) dapat meningkatkanhasil belajar menerapkan dasar – dasar kelistrikan. Hal ini terlihat dari tes siklus Inilai rata-rata 70 dengan ketuntasan klasikal sebesar 52,38%. Karena Persentaseketuntasan klasikal pada siklus I belum tuntas maka tindakan dilanjutkan ke siklusII dengan nilai rata-rata tes hasil belajar 79,28 dan ketuntasan klasikal sebesar80,95%. Dari hasil observasi, pada siklus I kegiatan guru dalam mengajardiperoleh nilai rata-rata 75 dan kegiatan siswa selama mengikuti pelajarandiperoleh nilai rata-rata 62,5. Sedangkan pada siklus II ternyata terjadipeningkatan dimana kegiatan guru dalam mengajar memperoleh nilai 92,18 dankegiatan siswa selama mengikuti pelajaran memperoleh nilai 91,66.Selain meningkatkan hasil belajar siswa, penggunaan model pembelajarankooperatif tipe stad (student teams achievement division) juga dapatmeningkatkan aktivitas belajar siswa. Temuan penelitian ini telah membuktikanbahwa model pembelajaran kooperatif tipe stad (student teams achievementdivision) sangat baik untuk meningkatkan hasil belajar siswa, oleh karena itu perludilakukan pembinaan dan pelatihan bagi guru agar penerapan model pembelajarankooperatif tipe stad (student teams achievement division) dapat diterapkan denganbaik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorButar- butar, Abdul Hakim196004291986011002
Call Number: 621.307 1 Tan p
Keywords: STAD; Hasil belajar; Penerapan dasar-dasar Kelistrikan
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK3001 Distribution or transmission of electric power
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18773

Actions (login required)

View Item View Item