PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR DASAR-DASAR GAMBR TEKNIK PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM PROGRAM KEAHLIAN GAMBAR BANGUNAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Tampubolon, Erwin RBP (2013) PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR DASAR-DASAR GAMBR TEKNIK PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM PROGRAM KEAHLIAN GAMBAR BANGUNAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
508111021 Judul.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508111021 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
508111021 Abstrak.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508111021 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508111021 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508111021 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508111021 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508111021 Bab I.pdf - Published Version

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508111021 Bab V.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508111021 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar MenggambarTeknik Dasar siswa kelas X di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam dengan menerapkanMetode Prolem Based Learning.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X program Keahlian TeknikGambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2012/ 2013dengan jumlah siswa sebanyak 34 orang, metode penelitian ini bersifat deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui rata-rata hasil belajar siswa pada saat penelitiandilaksanakan. Sebelum penelitian ini dilakukan terlebih dahulu tes belajar menggambar teknik dasar di uji cobakan dilanjutkan dengan uji validitas dan reabilitas. Untuk perhitungan uji validitas butir digunakan rumus Biserial dan uji reabilitasdigunakan K-R 20. Suatu butir tes dikatakan valid apabila rhitung > rtabel pada taraf signifikan 5%.Untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini digunakan teknik analisisdata secara deskriptif. Dalam hal ini peneliti menggunakan analisis statisticdeskriptif yaitu mencari nilai rata-rata dan persentase keberhasilan belajar. Dimana dengan menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada siklus I aktivitas belajar siswa belum mengalami peningkatan, tetapi setelah dilakukan siklus II aktivitas siswa meningkat dimana rata-rataaktivitas belajar siswa siklus I diperoleh 62,35% dari 34 siswa dan pada siklus II meningkat menjadi 82,65% dengan rata-rata peningkatan 20,30%.Rata-rata hasil belajar siswa setelah dilakukan penerapan Model ProblemBased Learning adalah mengalami peningkatan dimana dari siklus I rata-rata hasil belajar siswa 68,18 meningkat menjadi 85,44 dengan rata-rata peningkatan penguasaan materi pada siklus I dan siklus II sebesar 17,26. Dari hasil peningkatan hasil belajar tersebut berarti menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran Dasar-Dasar Gambar Teknikmengalami peningkatan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiagian, Sorgang195112031976031001
Call Number: 690.107 1 Tam p
Keywords: Model; Pembelajaran; Gambar Teknik; Teknik Bangunan; Problem base Learning; Gambar teknik; Hasil belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TH Building construction
T Technology > TH Building construction > TH845 Architectural engineering. Structural engineering of buildings
T Technology > TH Building construction > TH900 Construction equipment in building
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18741

Actions (login required)

View Item View Item