PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BEAJAR MENGGAMBAR BANGUNAN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 2 BINJAI T.P. 201212013

Siadari, Jadi Maruli (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BEAJAR MENGGAMBAR BANGUNAN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 2 BINJAI T.P. 201212013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
061255310042 Cover.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
061255310042 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
061255310042 Abstrak.pdf - Published Version

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
061255310042 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
061255310042 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
061255310042 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
061255310042 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
061255310042 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
061255310042 Bab I.pdf - Published Version

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
061255310042 Bab V.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
061255310042 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi PembelajaranKontekstual (Contextual Teaching and Learning) dan motivasi belajar terhadapPrestasi Belajar Menggambar Bangunan pada Siswa Kelas X Program keahlianTeknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Binjai T.P. 2012/2013.Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Kompetensi KeahlianTeknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Binjai sebanyak 63 orang. Subjekpenelitian ini diambil dengan teknik sampel bertujuan (Purposive Sampling) dantmtuk kelompok perlakuan dipilih dengan cara mengundi secara acak yaitukelompok perlakuan dengan pendekatan pembelajaran Kontekstual (ContextualTeaching and Learning) sebanyak 31 orang dan kelompok perlakuan denganpendekatan pembelajaran Konvensional sebanyak 32 orang. Data penelitiandikumpul dengan menggunakan tes Prestasi Belajar Menggambar Bangunan,diana! isis dengan anava dua jalur pada taraf signifikansi 5%.Basil uji persyaratan analisis menunjukkan bahwa sebaran data PrestasiBelajar Menggambar Bangunan yang diajarkan dengan strategi pembelajaranKontekstual dan memiliki motivasi belajar tinggi adalah berdistribusi normaldimana Ltabel 0,213 > Lhitung 0,218 dan data Prestasi Belajar MenggambarBangunan siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Kontekstual danmemiliki motivasi belajar rendah adalah berdistribusi normal dimana Lrabcl 0,220> LHirung 0,131 dan data Prestasi Bel ajar Menggambar Bangunan yang diajarkandengan strategi pembelajaran Konvensional dan memiliki motivasi belajar tinggiadalah berdistribusi normal dimana LTabcJ 0,220 > Lmrung 0,119 dan data PrestasiBelajar Menggambar Bangunan yang diajarkan dengan strategi pembelajaranKonvensional dan memiliki motivasi belajar rendah adalah berdistribusi normaldimana Lrobcl 0,206 > LHirung 0,118 dan kedua varians data adalah homogen karenaX2 tabel 7.81 > xx2Hitung 4,30 .Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) strategi pembelajaranKontekstual dan strategi pembelajaran Konvensional memberi pengaruh yangberbeda secara signifikan terhadap Prestasi Belajar Menggambar Bangunan siswakelas X SMK Negeri 2 Binjai dimana FHitung 6,50 > Frabel 4,00; (2) Bagi siswayang memiliki Motivasi Belajar Tinggi bila diajar dengan Strategi PembelajaranKontekstual (CTL) akan memperoleh Prestasi Belajar Menggambar Bangunanyang lebih tinggi dibanding dengan kelompok siswa yang diajar dengan StrategiPembelajaran Konvensional pada siswa kelas X program keahlian Teknik GambarBangunan SMK N 2 Binjai dimana nilai Fhitung = 18,78 > Ftabel = 2,76; (3) Bagi s1swa yang memiliki Motivasi Belajar Rendah bila diajar dengan Strategi Pembelajaran Kontekstual (CTL) akan memperoleh Prestasi Belajar Menggambar Bangunan yang lebih rendah dibanding dengan siswa yang diajar dengan Strategi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitanggang, Nathanael195808161984031001
Call Number: 690.107 1 Sia p
Keywords: Strategi Pembelajaran; CTL; Konvensional; Motivasi Belajar; Menggambar Teknik; Teknik Bangunan
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > TH Building construction
T Technology > TH Building construction > TH845 Architectural engineering. Structural engineering of buildings
T Technology > TH Building construction > TH900 Construction equipment in building
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18722

Actions (login required)

View Item View Item