HUBUNGAN MINAT KEJURUAN DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MENGUASAI TEORI DASAR ALAT UKURR PADA SISWA KELAS X SMK TR SINAR HARAPAN TAHUN AJARAN 2011/2012

Sembiring, Heri Andi Putra (2012) HUBUNGAN MINAT KEJURUAN DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MENGUASAI TEORI DASAR ALAT UKURR PADA SISWA KELAS X SMK TR SINAR HARAPAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
06255110038- cover.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan-06255110038.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK-06255110038.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR-06255110038.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI-06255110038.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I-06255110038.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V-06255110038.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA-06255110038.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara Minat Kejuruan dan Disiplin Belajar dengan Prestasi Belajar Menguasai Teori Dasar Alat Ukur Pada Siswa Kelas X SMK TR Sinar Harapan Tahun Ajaran 2011/2012 dan untuk mengetahui tingkat kecenderungan Minat Kejuruan, Disiplin Belajar dan Prestasi Belajar Menguasai Teori Dasar Alat Ukur siswa. Metode penelitian ini bersifat deskriptif korelasional yaitu bertujuan untuk memperoleh informasi tentang suatu gejala pada saat penulisan dilakukan. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas X SMK TR Sinar Harapan Tahun Ajaran 2011/2012 dengan jumlah 30 orang. Data penelitian ini dikumpulkan dengan angket dan tes objektif, dimana data penelitian yang dijaring dengan angket adalah variabel Minat Kejuruan dan Disipilin Belajar, sedangkan untuk variabel Prestasi Belajar Menguasai Teori Dasar Alat Ukur dijaring dengan menggunakan tes objektif berbentuk pilihan berganda.Untuk uji keberartian dan kelinieran Prestasi Belajar Menguasai Teori Dasar Alat Ukur (Y) atas variabel Minat Kejuruan (X1) diperoleh Fhitung 31,64 dengan Ftabel pada taraf signifikansi 5% = 4,53 sehingga Fhitung > Ftabel yaitu 31,64 > 4,53. Sehingga regresi dinyatakan berarti pada taraf signifikansi 5%. Pada uji kelinieran diperoleh Fhitung -0,092 dengan Ftabel pada taraf signifikansi 5% = 4,53 sehingga Fhitung < Ftabel yaitu -0,092 < 4,53 sehingga hubungan X1 dan Y adalah positif dan berarti. Untuk uji keberartian dan kelinieran hasil belajar Alat Ukur (Y) atas variabel kemampuan berpikir logis (X2) diperoleh Fhitung 19,545 dengan Ftabel pada taraf signifikansi 5% = 4,15 sehingga Fhitung > Ftabel yaitu 19,545 > 4,15. Sehingga regresi dinyatakan berarti pada taraf signifikansi 5%. Pada uji kelinieran diperoleh Fhitung 0,499 dengan Ftabel pada taraf signifikansi 5% = 2,77 sehingga Fhitung < Ftabel yaitu 0,499 < 2,77 sehingga hubungan X2 dan Y adalah positif dan berarti. 0.499 dengan tingkat kecenderungan cukup.Dari hasil analisis data diperoleh bahwa tingkat kecenderungan Minat Kejuruan (X1) cenderung diatas rata – rata (82,352 %) dan Disiplin Belajar (X2) cenderung diatas rata – rata (70,589%) sedangkan Prestasi Belajar Menguasai Teori Dasar Alat Ukur (Y) cenderung diatas rata – rata (88,235%). Hasil analisis korelasi ganda menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang positif dan berarti dari Minat Kejuruan dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Menguasai Teori Dasar Alat Ukur. Koefisien korelasi ganda R = 0,538 sedangkan determinasi R2 = 0,289. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti dari Hubungan Minat Kejuruan Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Menguasai Teori Dasar Alat Ukur Pada Siswa Kelas SMK TR Sinar Harapan Tahun Ajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Call Number: 620.071 Put h
Keywords: Minat kejuruan; Disiplin Belajar; Prestasi Belajar; Teori Dasar Alat Ukur
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18693

Actions (login required)

View Item View Item